Satpol PP Gunung Kidul razia pengemis-gelandangan

id razia

Satpol PP Gunung Kidul razia pengemis-gelandangan

Ilustrasi (Foto antarafoto.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan razia pengemis dan gelandangan di wilayah ini.

"Kami mendapatkan tiga orang di seputaran jalan Brigjen Katamso dan Sumbermulyo Kepek serta satu orang di antaranya adalah warga gading," kata Kasi Trantip Satpol PP Gunung Kidul Junjung Marhendro di Gunung Kidul, Senin.

Razia pengemis dan gelandangan dilakukan bersama dengan Satpol PP, Polres Gunung Kidul, dan Dinsosnakertrans.

Ia mengatakan razia terhadap pengemis, gelandangan dan orang telantar (PGOT) dilakukan untuk mencegah banyaknya gelandangan di wilayah Gunung Kidul. Hari ini pihaknya melakukan penyisiran di sejumlah lokasi di Kota Wonosari.

Setelah didata kedua orang tersebut akan dikirim ke panti sosial Sewon, Kabupaten Bantul, untuk mendapatkan pembinaan. Adapun bentuk pembinaan yakni dengan memberikan pelatihan wira usaha.

"Nantinya setelah keluar dari panti diharapkan bisa lebih mandiri sehingga tidak kembali ke jalanan," kata Junjung.

Ia menilai wilayah Gunung Kidul merupakan pembuangan dari luar daerah. Namun demikian, untuk beberapa waktu terakhir sudah mulai berkurang.

Kepala Satpol PP Gunung Kidul Agus Hartadi menambahkan pihaknya akan melakukan razia rutin untuk mencegah PGOT berkeliaran di wilayahnya. "Dalam sebulan kami bersama polisi dan Disosnakertrans akan melakukan razia sebanyak dua kali," katanya.

Diharapkan sesuai dengan target dari Pemerintah DIY bebas dari PGOT pada 2015 bisa tercapai.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024