Pemkab Bantul salurkan bantuan sepeda anak yatim

id bantuan sepeda anak yatim

Pemkab Bantul salurkan bantuan sepeda anak yatim

KANTOR BUPATI BANTUL FOTO ANTARA

Bantul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyalurkan bantuan sepeda kepada 10 anak yatim yang diasuh oleh Himpunan Insan Muslim Tumpuan Umat atau Himatu untuk membantu pemenuhan kebutuhan mereka.

"Kegiatan pendampingan anak-anak yatim tidak harus dengan mendirikan panti asuhan untuk tempat tinggal, namun juga dengan memperhatikan kebutuhannya," kata Bupati Bantul Sri Surya Widati di sela penyerahan bantuan di Parasamya Bantul, Selasa.

Menurut dia, banyak masyarakat yang lebih senang mandampingi anak yatim dengan memperhatikan kebutuhannya meskipun anak tersebut tetap ikut orang tuanya, karena banyak anak yang tidak suka berpisah dengan orang tuanya.

"Kami juga memberikan apresiasi dengan semangat masyarakat ikut mengangkat anak yang kurang beruntung dari beberapa segi, bantuan bisa diwujudkan dalam prasarana seperti saat ini berupa sepeda ataupun itu," kata Bupati.

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya berpesan kepada anak yatim bimbingan Himatu yang telah menerima bantuan sepeda tersebut untuk merawat sehingga bisa digunakan sampai lulus sekolah nanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bantul Mahmudi dalam laporannya mengatakan sampai saat ini di Bantul sudah berdiri 12 cabang Himatu, dari tempat tersebut ada ribuan anak yang menjadi binaan dan puluhan orang menjadi donatur.

"Saat ini sudah ada donatur yang membantu 10 sepeda untuk 10 anak di sembilan cabang yakni Bambanglipuro, Parangtritis, Kretek, Sanden, Srandakan, Tegallayang, Gesikan, Bantul dan Sewon," katanya.

Mahmudi juga mengatakan, selain bantuan kepada anak yatim pada hari yang sama pihaknya juga memberikan bantuan insentif kepada kaum rois sebanyak 191 orang di wilayah Bantul, yang dipusatkan di Balai Desa Wijirejo, Kecamatan Pandak.

"Bantuan ini diberikan sebagai rasa hormat karena keberadaan para kaum rois mempunyai andil sangat besar dalam pembinaan bidang religi di lingkungannya, sehingga diharapkan dapat memberikan semangat," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024