Pemkab Sleman upayakan derajat kesehatan masyarakat optimal

id kesehatan

Pemkab Sleman upayakan derajat kesehatan masyarakat optimal

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Dinas Kesehatan telah menyusun kebijakan pembangunan kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

"Kebijakan tersebut meliputi perubahan paradigma, pembenahan organisasi, peningkatan profesionalisme SDM kesehatan, pembenahan sistem pembiayaan, peningkatan sarana dan prasarana kesehatan termasuk pembenahan sistem informasi," kata Bupati Sleman Sri Purnomo, Selasa.

Menurut dia, upaya peningkatan mutu pelayanan pada sarana kesehatan milik pemerintah, menjadi prioritas utama pemerintah sesuai dengan tuntutan masyarakat. "Hal ini dikarenakan pelayanan kesehatan merupakan substansi dasar kebutuhan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Sleman telah berupaya untuk melakukan pembenahan terha�dap puskesmas agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu.

"Dengan diterapkannya sertifikat ISO 9001 versi 2000 dan 2008 pada 23 puskesmas serta lima puskesmas dengan pelayanan rawat inap, diharapkan nantinya seluruh puskesmas di Kabupaten Sleman memiliki sertifikat ISO, sebagai bagian dari peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Sleman," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, kepala puskesmas diharapkan untuk mampu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
"Tugas kepala puskesmas ini merupakan tugas yang penting, karena harus terus mendorong peningkatan aksesibilitas layanan kesehatan dasar bagi masyarakat Sleman," katanya.

Ia mengatakan, kepala puskesmas memiliki tugas yang cukup berat, selain memimpin dan mengoordinasikan pelaksanaan urusan Kesehatan, kepala puskesmas juga melakukan pembinaan, pengendalian dan fasilitasi terhadap pemberantasan penyakit, pelayanan kesehatan, kesehatan keluarga serta promosi dan kesehatan lingkungan.

"Kepala puskesmas juga harus mempertanggungjawabkan dan melaporkan hasil kinerja puskesmas kepada pimpinan," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024