Dinas sumber daya air Bantul berkinerja terbaik

id dinas sumber daya air bantul

Dinas sumber daya air Bantul berkinerja terbaik

Kabupaten Bantul (Istimewa)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Sumber Daya Air Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendapat nilai tertinggi berdasarkan hasil penilaian kinerja satuan kerja perangkat daerah tahun anggaran 2014.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Riyantono, Rabu mengatakan SKPD yang meraih nilai terendah dalam kinerja organisasinya adalah Badan Kesejahteraan Keluarga, Pemberdayaan Perempuan, dan Kesejateraan Keluarga.

"Keputusan ini tidak bisa diganggu gugat, karena sudah merupakan keputusan bersama tim penilai, dan SKPD yang dilaporkan berkinerja terendah bukan berarti jelek," katanya di sela mengumumkan hasil penilaian kinerja SKPD di Pendopo Parasamya Bantul.

Menurut dia, di lingkungan Pemkab Bantul terdapat 32 SKPD yang meliputi dinas, badan, kantor dan bagian yang dilakukan penilaian anggota tim berjumlah lima orang yang dibentuk Sekda Bantul, dan penilaian kinerja sendiri dilakukan pada awal 2015.

"Awal 2015 saya diperintahkan Bupati untuk melakukan penilaian kinerja sebagai bagian dari reformasi birokrasi, setelah itu kami membentuk tim yang dirahasiakan orang-orangnya, dan hasilnya sama sekali tidak dikonfirmasi," katanya.

Ia mengatakan terdapat empat kriteria yang dilakukan penilaian, yakni perencanaan anggaran dan kegiatan apakah ada keselarasan dengan program SKPD termasuk indikator dan kesesuaian dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

"Kriteria selanjutnya adalam pelaksanaan yang dinilai dari capaian realisasi kegiatan fisik, ketepatan dalam proses pengadaan barang dan jasa, dan ternyata ada juga yang perencanaan di triwulan satu, tetapi realisasinya di triwulan empat," katanya.

Kriteria selanjutnya, adalah serapan anggaran dari yang direncanakan SKPD, dalam penilaian ini bukan berarti SKPD yang paling banyak menyerap anggaran semakin bagus, akan tetapi disesuaikan dengan hasil, sehingga kalau serapan minim tapi hasil optimal maka dikatakan baik.

"Yang terakhir adalah evaluasi terhadap capaian kinerja organisasi, termasuk temuan auditor oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), namun bukan dari banyaknya temuan, tapi berapa banyak temuan BPK yang sudah ditindaklanjuti dan diselesaikan," katanya.

Adapun tiga SKPD di Bantul yang mendapat nilai tertinggi urutannya yakni Dinas SDA Bantul, Kantor Arsip dan Dinas Perhubungan, sedangkan tiga SKPD yang mendapat nilai terendah berturut-turut yakni BKK PP KB, Dinas Pertanian dan Kehutanan, Sekretariat DPRD.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024