KPK luncurkan Festival Film Antikorupsi

id kpk

KPK luncurkan Festival Film Antikorupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (Foto Antara)

Jakarta (Antara Jogja) - Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar Festival Film Antikorupsi atau "Anti Corruption Film Festival" atau ACFFest 2015 dengan tema "Make Your Mov!e" sebagai bagian kampanye pendidikan dan sosialisasi antikorupsi melaui film.

"Tujuan dari ACFFest adalah menyebarluaskan nilai-nilai antikorupsi masyarakat, agar semakin paham dan mampu menghindari diri dari perilaku korup dan mengajak peran serta masyarakat supaya bersama-sama memerangi korupsi dan mengampanyekan antikorupsi melalui film," kata Wakil Ketua KPK Zulkarnain dalam pembukaan acara tersebut di Pusat Perfilman Haji Usmar Islam (PPHUI) Jakarta, Rabu.

Festival tersebut diselenggarakan pertama kalinya pada 2013 dan menerima 181 film peserta yang terdiri atas film fiksi, dokumenter dan animasi. ACFFest 2013 juga melakukan "roadshow" ke sejumlah kota antara lain Jakarta, Yogya, Bandung dan Balikpapan.

"Pada 2014, animo masyarakat bertambah dengan banyaknya jumlah karya film yang diterima yaitu mencapai 333 karya film dari jenis film yang sama dengan 2013, ditambah 'citizen jurnalism'," ungkap Zulkarnain.

Festival pada 2014 juga berkeliling ke kota-kota yang lebih banyak yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, Malang, Mataram, Makassar, Palembang dan Manado.

"Karya film yang masuk tidak hanya dari kota-kota besar tapi juga kota kecil seperti Karo, Tarakan, Asahan, Pare-pare, dan lain sebagainya. Dalam kurun waktu dua tahun ACFFest tidak hanya media antikorupsi bahkan menjadi gerakan anak-anak muda menyuarakan ke publik melalui media sosial," kata Zulkarnain.

Pencegahan korupsi, menurut Zulkarnain harus dilakukan dengan cara yang luar biasa dan anak muda menjadi pihak yang berperan karena menjadi pewaris negeri.

"Kegiatan ini akan sangat berarti mendukung pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK. Besar haraan kami semoga ACFFest mendapat ruang positif dari masyarakat sehingga menjadi bola salju yang masif dan masa depan yang penuh nilai-nilai kebaikan," ujar Zulkarnain.

Pada ACFFest 2015, sejumlah kategori yang dikompetisikan antara lain film fiksi, dokumenter, video jurnalisme warga, iklan layanan masyarakat dan film animasi.

Seluruh kategori terbuka untuk pelajar dan umum yang diproduksi pada 1 Januari 2014 sampai 5 Oktober 2015.

Selain kompetisi film, ACFFest 2015 juga menggelar kompetisi ide cerita film dari kategori yang ada, sehingga peserta yang terpilih akan mendapat dukungan produksi dan pendampingan proses produksi oleh praktisi perfilman sekaligus diikutsertakan sebagai peserta ACFFest. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di www.acffest.org.

(D017)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024