Gunung Kidul butuhkan SDM profesional kembangkan pariwisata

id pariwisata gunung kidul

Gunung Kidul butuhkan SDM profesional kembangkan pariwisata

Sejumlah pengunjung bermain air laut saat mengunjungi Pantai Kukup, Gunung Kidul (foto ANTARA/Wahyu Putro)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membutuhkan sumber daya manusia profesional untuk mengembangkan dan meningkatkan sektor pariwisata di daerah ini.

"Seiring dengan perkembangan pariwisata di Kabupaten Gunung Kidul yang demikian pesat diperlukan banyak sumber daya manusia (SDM) andal di bidang pariwisata," kata Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi dalam acara peluncuran Posdaya Tanjungsari bersama KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di Gunung Kidul, Jumat.

Ia mengatakan sektor pariwisata andil cukup besar bagi pendapatan asli daerah (PAD). Pada 2011, PAD sektor wisata baru sekitar Rp3 miliar, namun pada 2014 dapat mencapai Rp14,5 miliar.

Dia mengatakan masyarakat perlu dilibatkan dalam pengembangan pariwisata karena Gunung Kidul sebagai kawasan budaya dan wisata perlu pengembangan pariwisata yang berbasis budaya sehingga memerlukan SDM untuk pengembangan tersebut.

"Kami berharap perkembangan sektor pariwisata mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat," kata Immawan.

Camat Tanjungsari Witanto mengatakan di wilayah Kecamatan Tanjungsari yang terdiri dari 71 dusun baru ada 23 lokasi rintisan posdaya karena baru pada tahun ini Kecamatan Tanjungsari menjadi lokasi KKN dari UAD Yogyakarta.

Program-program yang dilaksanakan mahasiswa KKN bermanfaat bagi masyarakat Tanjungsari yang memiliki objek wisata pantai, antara lain pelatihan bahasa Inggris bagi pedagang, pengolahan makanan berbahan singkong, dan pengemasannya.

"Kami berharap, mahasiswa yang telah KKN di Tanjungsari menjadi duta wisata bagi Kabupaten Gunung Kidul di kampung halamannya masing-masing sekembalinya dari Tanjungsari," kata Witanto.***1***

(U.KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024