BPBD imbau masyarakat waspadai hujan disertai angin

id angin kencang

BPBD imbau masyarakat waspadai hujan disertai angin

Awan badai yang sering menimbulkan hujan disertai angin kencang. (Foto ANTARA/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman, (Antara Jogja)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat turun hujan di sertai angin kencang karena rawan terjadi pohon tumbang dan atap rumah beterbangan.

"Hujan disertai angin kencang dalam sepuluh hari terakhir sering terjadi di Yogyakarta dan sekitarnya, untuk itu kami mengibau masyarakat agar lebih waspada," kata Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY Pristiawan, Selasa.

Menurut dia, pada Februari ini merupakan puncak musim hujan dan peralihan menuju musim pancaroba sehingga tidak jarang terjadi cuaca buruk.

"Sering terjadi perubahan cuaca yang mendadak, setelah sebelumnya cuaca tampak normal dan cenderung panas, namun tiba-tiba berubah menjadi mendung dan hujan deras disertai angin kencang," katanya.

Ia mengatakan, kecenderungan dalam 10 hari terakhir ini terjadi peningkatan pembentukan awan badai yang tidak terduga.

"Jika tiba-tiba terjadi hujan dan angin kencang harus dihindari berada di sekitar pohon besar karena rawan tumbang. Jika hendak berteduh usahakan mencari gedung yang kokoh dan jangan di dekat bangunan-bangunan papan reklame," katanya.
Pristiawan mengatakan, masyarakat juga harus waspada jika angin kencang sampai menerbangkan atap rumah, karena rawan tertimpa material atap.

"Material atap terutama seng dan kayu bisa berbahaya jika menimpa orang, karena bisa melukai. Jadi selain waspada pohon tumbang, juga waspada benda-benda yang beterbangan terbawa angin kencang," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah mengimbau pemerintah daerah setempat untuk memangkas dahan-dahan pohon besar yang sudah tua di pinggir-pinggir jalan.

"Selain itu konstruksi papan reklame juga harus diperhatikan saat pemasang mengajukan izin pembangunan papan reklame," katanya.

Pembentukan awan badai yang disertai hujan dan angin kencang di Yogyakarta telah mengakibatkan satu korban meninggal dunia akibat tertimpa pohon tumbang, yakni seorang pengendara sepeda motor saat melintas di Jalan Jenderal Soedirman Yogyakarta.
Selain itu di beberapa wilayah DIY, hujan dan angin kencang juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan menimpa rumah. ***4***

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024