Bupati berharap Watu Payung jadi kawasan wisata berbasis budaya

id bupati, watu puyung

Bupati berharap  Watu Payung jadi kawasan wisata berbasis budaya

Bupati Gunung Kidul, Hj. Badingah, S.Sos (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul,  (Antara Jogja) - Bupati Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Badingah mengharapkan kawasan Wisata Alam Watu Payung bisa dikembangkan sebagai kawasan wisata berbasis budaya.

"Jangan terpengaruh dengan perkembangan pariwisata daerah lain yang mengekspos potensi yang berbeda dengan karakter serta potensi yang dimiliki masyarakat," kata Badingah di Gunung Kidul, Kamis.

Ia mengatakan kawasan Watu Payung yang merupakan bagian dari hutan kemasyarakatan yang ada di wilayah Kecamatan Panggang ini adalah aset yang dapat dikembangkan sebagai objek wisata keanekaragaman hayati (Kehati).

Selain itu, kata dia, Watu Payung merupakan salah satu bagian dari kawasan Geopark Gunung Sewu yang perlu mendapatkan perhatian konservasi dan pengelolaan yang baik.

"Kawasan ini apabila dikelola dengan baik, kedepan dampaknya dapat meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat kawasan Watu Payung dan Panggang secara umum," kata politisi PAN ini.

Kepala Desa Girisuko Endah Herwanti mengatakan kawasan Watu Payung sebenarnya sudah dikenal oleh sebagian masyarakat sebagai tempat wisata alam yang juga sebagai salah satu tempat kegiatan Pondok Pesantren Ilmu Giri untuk padepokan.

Kawasan Watu Payung mulai dikelola sejak 2010 dan direncanakan di kawasan ini akan dikembangkan untuk wisata alam atau sebagai lokasi kegiatan outbond bagi masyarakat.

Namun demikian, kata Endah, masyarakat yang akan menuju lokasi gardu pandang masih kesulitan karena jalan yang terjal.

"Akses jalan jalur masuk ke wilayah Gunung Kidul dari Bantul perlu ditingkatkan terutama yang menuju ke kawasan objek wisata," kata Endah.

KR-STR