Pemkab Gunung Kidul perbaiki pasar tradisional desa

id pasar

Pemkab Gunung Kidul perbaiki pasar tradisional desa

ilustrasi (antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memperbaiki pasar tradisional desa agar mampu bersaing dengan pasar modern yang terus bermunculan.

Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan pasar tradisional merupakan bagian tidak terpisahkan dari perkembangan perekonomian masyarakat terutama di tingkat bawah.

"Masyarakat mulai memanfaatkan pasar sejak dini hari sudah mendatangi pasar tradisional. Kalau pasar dibiarkan becek dan gelap, kasihan pedagangnya," kata Badingah di sela meresmikan Pasar Desa Cuwelo di Desa Candirejo, Kecamatan Semanu.

Ia mengatakan berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk memperbaiki pasar tradisional agar mampu bersaing dengan pasar modern.

Upaya yang dilakukan melalui komunikasi dengan Pemerintah Pusat dan mengoptimalkan anggaran yang dimiliki pemkab.

"Masih ada sekitar 100 pasar desa yang akan dibangun termasuk Pasar Desa Kepek, Wonosari, yang dikenal dengan pasar burung," kata Badingah.

Badingah menilai pasar tradisional harus mampu bersaing dengan gempuran pasar modern berjejaringan nasional yang saat ini mulai memanfaatkan celah regulasi dengan mengganti nama lokal tetapi manajemen berasal dari jejaring nasional.

Selain itu, pihaknya tetap serius dalam menertibkan toko yang berganti nama tersebut. Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengundang pengusaha.

"Saya sudah perintahkan kepada kepala Diseperindagkop dan ESDM untuk menertibkan," kata dia.
KR-STR
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024