Tarif PSO KA ekonomi alami penyesuaian April

id kereta api

Tarif PSO KA ekonomi alami penyesuaian April

Kereta Api Ekonomi (Foto ANTARA)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Tarif "public service obligation" untuk kereta api ekonomi jarak jauh akan mengalami penyesuaian mulai 1 April termasuk tiga kereta ekonomi dari Daerah Operasi VI Yogyakarta yaitu Bengawan, Progo, dan Sritanjung.

"Tarif `public service obligation` (PSO) untuk kereta ekonomi jarak jauh yang berlaku sejak Minggu (1/3) akan mengalami penyesuaian mulai 1 April. Akan ada perubahan tarif," kata Corporate Communication Manager PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta Gatut Sutiyatmoko di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, perubahan tarif untuk kereta ekonomi tersebut merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 17 Tahun 2015 tentang tarif angkutan orang dengan kereta api pelayanan kelas ekonomi untuk melaksanakan kewajiban PSO.

Perubahan tarif tersebut, lanjut Gatut, perlu dilakukan karena ada perubahan beberapa komponen seperti kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, perubahan pedoman penghitungan tarif, serta perubahan ketetapan selisih biaya operasional.

Berdasarkan penyesuaian tarif PSO, maka tarif tiga kereta ekonomi jarak jauh dari Daerah Operasi VI mulai 1 April adalah Rp75.000 untuk Kereta Api Progo relasi Lempuyangan-Pasar Senen. Sebelumnya, tarif kereta tersebut adalah Rp50.000.

Kereta Api Bengawan relasi Purwosari-Pasar Senen mengalami penurunan harga tiket dari Rp90.000 menjadi Rp80.000, dan Sritanjung relasi Lempuyangan-Banyuwangi naik 100 persen dari Rp50.000 menjadi Rp100.000 per penumpang.

Untuk kereta komuter seperti Prambanan Ekspres menjadi Rp8.000 untuk relasi Yogyakarta-Solo Balapan dan relasi Yogyakarta-Kutoarjo. Sedangkan tarif untuk tujuan Kutoarjo-Solo Balapan menjadi Rp15.000 per penumpang. Sebelumnya, tarif untuk ketiga relasi tersebut ditetapkan sama yaitu Rp6.000 per penumpang.

Sedangkan tarif untuk Sriwedari relasi Yogyakarta-Solo Balapan menjadi Rp13.000 dari sebelumnya Rp10.000 per penumpang, Kalijaga relasi Purwosari-Semarang tidak mengalami penyesuaian tarif dan tetap diberlakukan tarif lama yaitu Rp10.000.

Pemesanan tiket untuk kereta api ekonomi tetap bisa dilakukan tanpa harus mengunjungi reservasi tiket di stasiun, tetapi dapat dilakukan melalui "channel" eksternal penjualan tiket seperti minimarket, atau pemesanan tiket online dan melalui aplikasi telepon pintar.

Selain perubahan harga tiket kereta ekonomi, Gatut juga mengingatkan masyarakat sebagai pengguna moda transportasi kereta untuk mencermati perubahan jadwal perjalanan yang mulai diberlakukan pada 1 April.

"Teliti kembali jadwal perjalanan kereta karena akan ada perubahan jadwal. Jangan sampai tertinggal kereta karena kereta diberangkatkan lebih awal," katanya. ***1***

(E013)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024