Rumah Sakit UGM membutuhkan investasi besar

id ugm

Rumah Sakit UGM membutuhkan investasi besar

Rumah Sakit UGM (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada membutuhkan investasi yang besar untuk pengadaan peralatan medis, pelatihan tenaga medis, dan membangun hubungan harmonis dengan para dokter guna mencapai kinerja yang tinggi.

"Tantangan yang dihadapi Rumah Sakit (RS) Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah keterbatasan jumlah tenaga medis terampil dan belum lengkapnya fasilitas medis," kata Direktur Utama RS UGM Arif Faisal di Yogyakarta, Senin.

Pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-3 RS UGM, ia mengatakan menyadari tantangan yang dihadapi dan potensi yang ada, RS UGM berharap komitmen dan dukungan kebijakan pimpinan secara berkesinambungan.

"Hal itu untuk memenuhi sarana prasarana, fasilitas medis, dan sumber daya manusia yang kompeten sesuai standar pelayanan yang bermutu dengan selalu mengutamakan keselamatan pasien," katanya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Iwan Dwiprahasto mengatakan semua rumah sakit perguruan tinggi negeri memiliki banyak tantangan. Pengelolaannya tidak seperti mengelola unit atau institusi pendidikan.

"Beberapa yang tantangan berat yang dihadapi rumah sakit perguruan tinggi negeri antara lain aspek sumber daya manusia, fasilitas, dan aspek mengelola rumah sakit secara keberlanjutan," katanya.

Namun, kata dia, dengan banyak mitra akan memberi harapan. Artinya tanpa mitra, semua akan berat bagi RS UGM untuk bergerak maju.

"Jika melihat slogannya `friendly and caring hospital`, mudah-mudahan menjadi cambuk bagi rumah sakit akademik yang menjadi RS UGM itu lebih baik ke depan," katanya.

Puncak peringatan HUT RS UGM tersebut juga diisi donor darah dan penandatanganan kerja sama Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) antara RS UGM dengan Pemerintah Kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, dan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Selain itu, juga dilakukan kerja sama tripartit antara RS UGM, FK UGM, dan RSUP Dr Sardjito, serta kerja sama antara RS UGM dan FKG UGM terkait pengembangan pendidikan mahasiswa profesi dokter gigi dan ilmu keperawatan gigi FKG UGM.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024