Bulan Dana PMI Sleman tingkatkan kepedulian masyarakat

id PMI

Bulan Dana PMI Sleman tingkatkan kepedulian masyarakat

PMI (Foto Istimewa)

Sleman, (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menegaskan bahwa kegiatan bulan dana PMI secara rutin dilaksanakan tiap tahun dimaksudkan untuk menggali dana dan sekaligus meningkatkan kepedulian masyarakat kepada sesama.

"Kegiatan PMI perlu didukung bersama. Kesuksesan bulan dana PMI merupakan tanggung jawab kita semua sebagai mahluk sosial, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama," kata Bupati Sri Purnomo saat membuka bulan dana PMI Kabupaten Sleman, Selasa.

Menurut dia, PMI Kabupaten Sleman memiliki peran dan tantangan yang tidak ringan, terkait dengan wilayah ini merupakan daerah rawan bencana alam, baik bencana gunung api, gempa, puting beliung, tanah longsor, maupun kekeringan.

"Hal tersebut sudah barang tentu memerlukan antisipasi penanganan prabencana maupun pascabencana secara komprehensif," katanya.

Ia mengatakan, peran dan kontribusi PMI, sangatlah besar sehingga wajar jika masyarakat dapat menyisihkan sedikit dari hartanya untuk disumbangkan kepada PMI guna membantu warga yang membutuhkan.

"PMI merupakan oganisasi yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan yang dalam menjalankan tugasnya selalu mendasarkan pada tujuh pinsip yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan dan kesemestaan," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, pengumpulan dana sukarela agar lebih ditingkatkan dengan target yang lebih besar, sehingga PMI lebih maksimal dalam melaksnakan tugas pokoknya yaitu kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan dan pelayanan transfusi darah.

"Bulan Dana PMI, merupakan salah satu momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang solidaritas sosial dan kebersamaan," katanya.

Ia mengatakan, selama bulan dana PMI, masyarakat berkesempatan untuk berperan aktif dalam penggalangan dana untuk kegiatan kepalangmerahan, kemanusiaan dan sosial kemasyarakatan.

"Diharapkan agar bulan dana PMI 2015 ini dapat mencapai target yang ditetapkan yaitu Rp1 miliar. Untuk itu diharapkan kinerja para pengurus PMI semakin solid dalam mensukseskan bulan dana PMI," katanya.

Bupati juga meminta agar masyarakat yang menjadi sasaran penggalangan dana perlu diberi pemahaman dan pelayanan yang baik, sehingga dapat lebih menumbuhkan kepercayaan masyarakat akan kinerja PMI.

"Dengan demikian, komunikasi seluruh jajaran pengururs PMI Sleman dengan para pelaku usaha untuk menjadikannya sebagai mitra PMI akan menjadi lebih efektif. Sistem kemitraan perlu ditingkatkan untuk menghindari adanya mispersepsi dalam menciptakan kepedulian dan kepercayaan," katanya. ***4***

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024