Dirjen Pendidikan Dasar resmikan gedung "Sekolah Shelter"

id gedung sekolah

Dirjen Pendidikan Dasar resmikan gedung "Sekolah Shelter"

Kabupaten Sleman (dok istimewa)

Sleman, (Antara Jogja) - Dirjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Thamrin Kasman meresmikan Gedung Sekolah Shelter di SD Selomulyo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti dan pemotongan tumpeng, sekaligus menandatangani prasasasti shelter SD Negeri Negeri Sruwohrejo, Purworejo.

"Tujuan pembangunan sekolah tersebut untuk mendukung program peningkatan akses, dan pemerataan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar," kata Thamrin Kasman.

Menurut dia, pembangunan gedung itu juga untuk mendukung pemenuhan kebutuhan prasarana pendidikan yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar, serta mendukung penyediaan tempat pengungsian bagi masyarakat apabila terjadi bencana alam.

"Fungsi sekolah shelter tersebut terbagi menjadi dua, yaitu saat terjadi bencana alam dan kerusuhan, dapat dimanfaatkan sebagai tempat penampungan pengungsi, serta sebagai pusat kegiatan penerimaan bantuan, dapat digunakaan sebagai tempat pembinaan trauma konseling bagi pengungsi, khususnya peserta didik yang mengalami trauma fisik," katanya.

Disamping itu, saat tidak terjadi bencana dan kerusuhan dapat digunakan sebagai ruang kelas, ruang praktik sesuai kebutuhan, ruang pembinaan dan konseling, serta ruang serbaguna.

"Diharapkan pemeliharaan gedung selther senantiasa berkesinambungan, agar dapat membuat nyaman para siswa/murid yang belajar," katanya.

Sekolah Dasar Shelter Selomulyo dibangun pada tanah seluas 423 meter persegi, yang berupa empat ruang kelas bertingkat dua lantai dengan nilai kontrak Rp1,4 miliar. Tanah yang digunakan tanah kas desa Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik.***4***

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024