Perpustakaan terakreditasi dinilai penting tunjang pembelajaran

id perpustakaan

Perpustakaan terakreditasi dinilai penting tunjang pembelajaran

Perpustakaan & Museum Universitas Islam Indonesia (Foto uii.ac.id)

Jogja (Antara Jogja) - Keberadaan perpustakaan terakreditasi penting untuk menunjang pembelajaran di perguruan tinggi, kata Kepala Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Joko Sugeng Prianto.

"Akreditasi nasional perpustakaan pada dasarnya merupakan cerminan dari kualitas pelayanan sekaligus kelengkapan infrastruktur dan koleksi perpustakaan," katanya terkait dengan akreditasi A yang diraih Perpustakaan UII di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, akreditasi itu tidak lain sebagai legitimasi yang kredibel dan menjadi salah satu indikator penting bagaimana suatu eksistensi institusi pendidikan dapat memahami dinamika secara komprehensif.

"Perpustakaan UII berhasil memperoleh akreditasi A dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) berdasarkan sertifikat akreditasi perpustakaan Nomor 29/1/ee/XII.2014," katanya.

Ia mengatakan raihan prestasi itu berhasil ditorehkan karena para asesor menilai Perpustakaan UII memiliki beberapa keunggulan dan sistem manajemen mutu yang baik.

"Sebagai gudang ilmu sekaligus jantung aktivitas akademik di kampus, keberadaan perpustakaan terakreditasi sangat penting untuk menunjang pembelajaran," katanya.

Menurut dia, Perpustakaan UII yang notabene adalah perpustakaan universitas swasta mampu menunjukkan kualitas yang sejajar dengan perpustakaan yang dimiliki universitas negeri.

"Ke depan, kami akan terus mengembangkan diri agar Perpustakaan UII dapat memberi kontribusi maksimal. Fokus pengembangan antara lain peningkatan kualitas layanan, sumber daya manusia, dan koleksi jurnal `online` yang kami miliki," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024