Disperindagkop Bantul: tidak ada kelangkaan elpiji 3kg

id elpiji 3kg

Disperindagkop Bantul: tidak ada kelangkaan elpiji 3kg

Elpiji 3kg (Foto antaranews.com)

Bantul (Antara Jogja) - Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulistyanto mengatakan tidak ada kelangkaan elpiji tiga kilogram di daerah ini, seiring kenaikan harga elpiji 12 kilogram sejak beberapa waktu lalu.

"Untuk gas tiga kilogram, kalau di daerah lain kabarnya kekurangan, namun di Bantul alhamdulillah `membleng` (berlebih), itu artinya stok di pangkalan relatif lebih," katanya terkait stok elpiji tiga kilogram di Bantul, Jumat.

Menurut dia, kenaikan harga elpiji ukuran 12 kilogram beberapa waktu lalu mengakibatkan perpindahan konsumen dari elpiji nonsubsidi tersebut ke elpiji tiga kilogram, sehingga membuat permintaan elpiji bersubsidi itu meningkat.

"Pengaruhnya memang ada, namun untuk di Bantul paling hanya satu-dua saja yang pindah, dan sejauh ini situasinya kondusif, tidak ada penyerapan elpiji tiga kilogram yang melonjak," katanya.

Ia mengatakan, saat ini jatah elpiji tiga kilogram dari Pertamina untuk Bantul masih tetap rata-rata sekitar 22 ribu tabung per hari, bahan bakar tersebut disalurkan kepada konsumen melalui sebanyak sekitar 700 pangkalan elpiji.

"Awal tahun ini kami sudah buat edaran ke pangkalan agar menyediakan stok untuk konsumen langsung, dan melakukan pendataan pembeli yang menjual kembali dan kemana dijual, sehingga terpantau peredarannya," katanya.

Meski demikian, kata dia, ke depan perlu ada perbaikan terhadap mekanisme distribusi elpiji tiga kilogram, upayanya bisa dengan mendirikan sub pangkalan elpiji terutama di daerah yang jumlah pangkalan masih belum seimbang dengan rasio jumlah penduduk.

"Sudah kami usulkan ke Pertamina untuk membuat sub pangkalan guna memotong distribusi elpiji dari pangkalan yang stoknya melimpah agar tidak banyak ke pengecer, namun usulan belum ada tanggapan," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024