Warung Prancis UMY gelar Pekan Frankofoni 2015

id umy

Warung Prancis UMY gelar Pekan Frankofoni 2015

UMY (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Warung Prancis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar Pekan Frankofoni 2015 berupa kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan, bahasa, dan perkenalan seputar lingkungan Prancis.

"Kegiatan itu digelar dalam rangka memperingati Hari Frankofoni Sedunia," kata penanggung jawab Warung Prancis (WP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Puthut Ardianto di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, Frankofoni adalah hari di mana setiap negara di seluruh dunia yang memiliki komunitas Prancis mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan negara tersebut.

Berkaitan dengan hal itu, WP UMY mengadakan berbagai kegiatan di antaranya kelas perkenalan bahasa Prancis, perkenalan dan menikmati lagu-lagu berbahasa Prancis, nonton bersama sinema Prancis pilihan.

Selain itu presentasi studi di Prancis oleh Campus France, pembuatan poster Frankofoni 2015, dan presentasi "native speaker" dari Paris, Karine Josse.

Ia mengatakan para peserta setelah mendengarkan presentasi tentang Frankofoni yang dipresentasikan oleh Karine kemudian diminta untuk membuat poster Frankofoni.

Poster Frankofoni itu berupa pemandangan di Paris, Menara Eifel, "miss France", membuat bendera negara yang mengadakan kegiatan Frankofoni dan gambar-gambar lainnya yang berhubungan dengan Prancis.

Menurut dia, poster para peserta akan di-"display" kemudian dilakukan penilaian. Selanjutnya dilakukan pengumuman hasil penilaian dan pemberian hadiah.

"Para peserta yang terpilih sebagai pemilik poster terbaik akan mendapatkan hadiah berupa `voucher` makan gratis di Rendezvous Artisan French Cafe Yogyakarta yang dimiliki oleh orang Prancis dan Indonesia," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024