Timnas jaga kekompakan jelang kualifikasi Piala AFC

id Timnas

Timnas jaga kekompakan jelang kualifikasi Piala AFC

Timnas Garuda (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Timnas Indonesia di bawah asuhan Aji Santoso mulai fokus menjaga kekompakan sebelum menghadapi pertandingan resmi kualifikasi Piala AFC U-23 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 27-31 Maret.

"Pertandingan sudah dekat. Fokus kami saat ini adalah menjaga kekompakan tim, mental serta gairah bertanding," kata pelatih timnas Aji Santoso di Stadion Soemantri Brojonegoro, Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, kekompakan dan mental pemain sangat penting untuk mendukung timnas selama menjalani pertandingan. Apalagi, pada kualifikasi Piala AFC U-23 Grup H akan berhadapan dengan tim yang memiliki persiapan matang sebelum datang ke Indonesia.

Selain menghadapi tim kuat Korea Selatan, Timnas Garuda Muda akan berhadapan dengan Timor Leste dan Brunei Darussalam. Persaingan di Grup H bisa dipastikan akan ketat karena semua tim berusaha untuk lolos ke putaran final.

Demi mendapatkan tim terbaik, mantan pelatih Persebaya Surabaya ini tetap mempertahankan pemain yang ada yaitu 24 orang. Padahal, sesuai dengan kuota, jumlah pemain yang didaftarkan hanya 23 orang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Ini hanya untuk mengantisipasi kondisi pemain saja. Selain itu, kami ingin menjaga kekompakan yang selama ini sudah terbangun," kata pelatih asal Malang, Jawa Timur itu.

Evan Dimas dan kawan-kawan saat ini memang terus mendapatkan pantauan dari jajaran pelatih. Hal ini dilakukan agar fokus pemain untuk menghadapi pertandingan kualifikasi Piala AFC U-23 sesuai dengan harapan.

Sementara itu, tim peserta kualifikasi Grup H mulai berdatangan, salah satunya adalah Korea Selatan. Anak asuh Shin Tae-yong bahkan telah menjalani latihan ringan di Lapangan PSSI Senayan Jakarta.

Ada 21 pemain yang telah mengikuti latihan perdana setibanya di Jakarta. Ada dua pemain yang belum terlihat dalam latihan yaitu Song Ju-hun dan Ryu Seung-woo. Keduanya merupakan pemain yang merumput di luar Korea Selatan.

"Latihan mereka pagi dan sore. Mereka juga berencana melakukan pertandingan uji coba dengan tim lokal sebelum tanding di kualifikasi," kata perwakilan panpel kualifikasi Piala AFC U-23, Laurent.

Untuk dua tim lainnya yaitu Timor Leste dan Brunei Darussalam dijadwalkan tiba di Jakarta, Selasa (24/3). Sesuai dengan jadwal, kedua tim ini akan menjalani latihan pada Rabu (25/3).

(B016)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024