Media: kotak hitam pertama pesawat Jerman yang jatuh ditemukan

id kotak hitam

Media: kotak hitam pertama pesawat Jerman yang jatuh ditemukan

Kotak hitam ("black box") pesawat terbang (Foto tiket-penerbangan.com)

Paris (Antara/Xinhua-OANA Jogja) - Kotak hitam pertama, perekam percakapan di kokpit pesawat Germanwings yang jatuh telah ditemukan oleh petugas keamanan di lokasi kecelakaan, demikian laporan media setempat pada Selasa (24/3).

Kotak hitam lain, yang digunakan untuk menyimpan data penerbangan, belum ditemukan oleh petugas, kata BFMTV pada Selasa malam waktu setempat.

Operasi pencarian dan pertolongan telah dihentikan tapi direncanakan dilanjutkan lagi pada Rabu pagi waktu setempat, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi.

Satu pesawat Airbus 320 milik perusahaan Germanwings dengan 150 penumpang jatuh di Prancis Selatan pada Selasa, saat dalam penerbangan dari Barcelona menuju Duesseldorf. Menurut dugaan, tak ada penyintas dalam kecelakaan itu.

Pesawat tersebut mulanya dijadwalkan tiba di Dusseldorf pada pukul 11.35 waktu setempat (17.35 WIB), tapi mulai turun satu menit setelah mencapai ketinggian 38.000 kaki pada pukul 10.45 waktu setempat.

Pesawat itu dikirim ke perusahaan penerbangan Lufthansa dari tempat produksi Airbus pada 1991 dan dialihkan ke Germanwings pada 2014. Menurut laporan media, pesawat itu adalah salah satu pesawat paling tua dalam armada Germanwings.

C003