Pemkab harapkan Pantai Baron miliki dermaga wisata

id pantai baron

Pemkab harapkan Pantai Baron miliki dermaga wisata

Objek wisata Pantai Baron di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Antara/Mamiek)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan Pantai Baron memiliki dermaga modern untuk mendukung industri perikanan dan pariwisata setempat.

"Ide Pantai Baron dilengkapi dermaga modern sebenarnya sejak zaman almarhum Bupati Sumpeno Putro saat masih menjabat bupati. Namun hingga saat ini belum ada tindak lanjutnya," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunung Kidul Agus Priyanto, Rabu.

Menurut dia, model pembangunan dermaga modern tersebut meniru dermaga yang ada di Taiwan. Tahapannya sudah penelitian yang melibatkan ahli dari mancanegara.

"Saya lupa dari negara mana, namun kalau dibangun akan menunjang produktivitas hasil laut, dan untuk pengembangan potensi wisata," katanya.

Agus mengatakan dari hasil penelitian tersebut, Pantai Baron bisa disinggahi kapal pesiar sekaligus bersandar, karena kedalaman pantainya memenuhi standar.

Selain itu, pembangunan dermaga tidak memerlukan "breakwater" atau pemecah ombak, karena ombak dipecah oleh tebing sekitar Pantai Baron. "Jadi tidak perlu `breakwater`, dan tidak akan mengganggu kapal yang akan masuk dermaga," kata dia.

Selain itu, kata Agus, Pantai Baron berada di sekitar jalur jalan lintas selatan yang akan mempermudah akses masuk ke lokasi. "Dekat dengan jalur utama, dan aksesnya mudah dibandingkan dengan Pelabuhan Sadeng," katanya.

Ia optimistis di Pantai Baron akan dibangun dermaga modern. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah memiliki program tol laut. "Untuk itu, kita harus menyiapkan diri, termasuk para nelayan," kata Agus.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Gunung Kidul Budi Martono mengatakan "masterplan" atau rencana induk Dermaga Baron sudah dibuat.

"Persoalannya, apakah boleh di satu wilayah terdapat lebih dari satu pelabuhan? Tapi kalau disuruh memilih, maka saya condong pembangunan dermaga untuk wisata," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024