Pemkab Gunung Kidul akan bangun JJLS Girisekar-Legundi

id JJLS

Pemkab Gunung Kidul akan bangun JJLS Girisekar-Legundi

Jalur jalan lintas selatan (JJLS) di wilayah Kabupaten Bantul, DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun Jalur Jalan Lintas Selatan di daerah Girisekar-Legundi, Panggang, dan Duwet Jerukwudel-Girisubo atau perbatasan dengan Pracimantoro pada 2015.

"Pemerintah kabupaten (pemkab) sudah mengajukan proposal melalui Dana Keistimewaan (Danais)," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunung Kidul Eddy Praptono di Gunung Kidul, Kamis.

Eddy mengatakan untuk Girisekar-Legundi dengan panjang tujuh kilometer akan menghabiskan anggaran sebesar Rp16 miliar sementara di Padukuan Duwet, Jeruk Wudel, Girisubo, dengan panjang 15 kilometer (km) Rp35 miliar. "Kami menargetkan tahun ini selesai," kata Eddy.

Ia mengatakan target penyelesaian yang mencapai 22 km karena adanya bantuan danais. Padahal. tahun sebelumnya hanya mampu beberapa km. Untuk total target JJLS di Gunung Kidul mencapai 82 km yang sudah dibangun sepanjang 33 km.

"Tahun sebelumnya hanya 2 km, tahun ini karena ada danais," katanya.

Eddy mengatakan pihaknya saat ini tengah mengerjakan proposal dan pengukuran awal.

"Lampiran berkas permohonan Izin Penetapan Lokasi (IPL) dikeluarkan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X," kata dia.

Sementara itu, Kasi Perencanaan dan Pengawasa Binamarga DPU Gunung Kidul Wadiyana mengatakan petugas mulai turun ke lokasi untuk menentukan titik pematokan lahan ruas jalan Girisekar - Legundi, Panggang. "Namun kami tidak bisa menyampaikan berapa nominal anggaran," katanya.

(KR-STR)