KPU Bantul diminta sosialisasikan pilkada kepada parpol

id pilkada

KPU Bantul diminta sosialisasikan pilkada kepada parpol

Pilkada (istimewa)

Bantul, (Antara Jogja) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta Komisi Pemilihan Umum setempat menyosialisasikan tahapan pemilihan kepala daerah 2015 kepada partai politik di daerah ini.

"Kemarin kami memenuhi undangan dari DPRD Bantul untuk diskusi persiapan pilkada, ada beberapa poin yang dihasilkan, di antaranya DPRD minta kami sosialisasikan Pilkada kepada parpol," kata Komisioner KPU Bantul, Titik Istiyawatun Khasanah, Jumat.

Selain kepada parpol, kata Komisioner dari Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih ini, lembaganya juga diminta menyosialisasikan kepada DPRD mengingat penyelenggaraan pilkada berkaitan dengan peran para wakil rakyat tersebut.

"Permintaan sosialisasi yang secara spesifik untuk parpol dan ke anggota DPRD, mereka minta `share` tahapan pilkada yang sudah berjalan sampai saat ini bagaimana dan sudah pada tahapan apa," katanya.

Titik mengatakan prinsipnya lembaga ini mengagendakan sosialisasi tahapan Pilkada Bantul yang rencananya akan digelar pada Desember 2015 ke berbagai elemen masyarakat termasuk ke parpol pemenang Pemilu 2014 lalu.

Namun demikian, kata dia, agenda sosialisasi tahapan Pilkada Bantul baru akan dilakukan setelah Peraturan KPU RI terkait tahapan Pilkada yang sampai saat ini draf-nya masih dibahas pemerintah bersama DPR RI disahkan dan diundangkan.

"Sudah kami sampaikan kalau hingga saat ini aturan belum fik, sehingga mereka juga sepakat sosialisasi dilakukan setelah regulasi fik, juga setelah Peraturan KPU diketok (disahkan)," kata Titik.

Menurut dia, untuk mendukung pelaksanaan Pilkada Bantul nanti, pemerintah kabupaten (Pemkab) Bantul melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Murni 2015 mengalokasikan anggaran sebesar Rp13 miliar untuk Pilkada satu putaran.

"Kami akan mengoptimalkan sosialisasi tahapan Pilkada tanpa biaya yang besar, kami juga akan melibatkan relawan maupun media massa dalam melakukan sosialisasi," katanya.***2***

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024