Bupati Sleman pimpin gerakan irigasi bersih

id irigasi

Bupati Sleman pimpin gerakan irigasi bersih

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo memimpin langsung warga Pedukuhan Jlopo, Pondokrejo, Kecamatan Tempel, bergotong royong memperbaiki saluran irigasi sepanjang lima kilometer di wilayah itu, Minggu.

"Peningkatan hasil pertanian, khusunya padi, tidak terlepas dari peran irigasi yang lancar dan mencukupi. Itu terbukti kalau kebutuhan air tidak tercukupi, tentu hasil panen padi akan berkurang," kata dia.

Menurut bupati, meskipun air tersedia melimpah, terutama pada musin hujan, tetapi kalau sistem pengairannya tidak baik, terlebih kondisi saluran irigasinya juga tidak baik, akan berpengaruh terhadap hasil pertanian.

"Untuk mencapai hasil yang maksimal khususnya pertanian padi, perlu dilakukan gotong royong membersihkan saluran irigasi," katanya.

Turut dalam kerja bakti tersebut Sekretaris Dinas Sumber Daya Air, Energi dan Mineral Sleman Aji Wulantoro, Kepala Bidang Pengairan Dinas SDAEM Arif Pramana, Kepala Bidang PPSDA Warsono, Kepala Desa Pondokrejo Tempel Raharja, Ketua P3A Pondokrejo Wunijo Ismail dan Kepala Dusun Jlopo Kasimin.

"Diharapkan agar masyarakat terus meningkatkan kerja sama dan gotong royong, bukan saja di bidang pertanian, namun di segala bidang misalnya siskamling," katanya.

Sri Purnomo mengatakan dengan irigasi yang baik dan lancar, diharapkan pula hasil pertanian khususnya padi akan lebih baik.

"Tentu hasil itu jika sistem pengairannya baik. Kalau sistem pengairannya tidak baik, maka hasilnya akan kurang baik," kata bupati.

Oleh karena itu, kata dia, sistem pengairan dan irigasinya harus selalu dijaga dengan baik.

Ia mengatakan meski musim kemarau, tetapi kalau sistem pengairan dan pembagiannya baik, maka hasil panennya juga akan baik.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024