Bantul perbanyak `try out` persiapan UN SMA

id ujian

Bantul perbanyak `try out` persiapan UN SMA

ilustrasi (4referensiku.blogspot.com)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan Menengah dan Nonformal Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperbanyak `try out` atau latihan soal untuk menghadapi ujian nasional tingkat sekolah menengah atas.

"Salah satu persiapan menghadapi ujian nasional tahun ini kami menyelenggarakan `try out` empat kali, kalau sebelumnya kan hanya dua kali," kata Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Menengah dan Nonformal Bantul Ghazali di Bantul, Selasa.

Menurut dia, pelaksanaan `try out` di seluruh SMA sederajat sudah dilakukan sejak sebulan lalu, dan latihan untuk mengukur sejauh mana tingkat kesiapan siswa dalam menghadapi UN tersebut terakhir di gelar pada pertengahan Maret lalu.

Ia mengatakan, dengan penambahan dua kali latihan soal menghadapi UN ini, diharapkan rata-rata nilai ujian naik dibanding tahun sebelumnya, meskipun pihaknya mengaku belum memasang target berapa nilai karena belum siap data.

"Kami tidak mentarget rata-rata nilai ujian pada UN tahun ini, namun targetnya (nilai) naik dibanding tahun kemarin, kami juga targetkan kelulusan seratus persen," katanya.

Menurut dia, selain memperbanyak `try out`, dalam persiapan menghadapi UN yang akan digelar pada pertengahan April nanti, secara intensif setiap hari melakukan pembinaan dan peningkatan kemampuan khusus kepada siswa yang berprestasi.

"Ada 60 siswa berprestasi yang akan dibina secara khusus, mereka terdiri dari 30 siswa IPS dan 30 siswa IPA dan sudah melalui seleksi dalam `try out` kemarin, mereka berasal dari seluruh SMA dan MA se Bantul," katanya.

Sementara itu, kata dia, jumlah siswa SMA sederajat yang akan mengikuti UN pada 13 sampai 15 April 2015 berjumlah 5.058 anak untuk siswa SMA dan MA, sedangkan siswa SMK berjumlah 4.922 siswa.

"Itu sudah termasuk UN online, untuk pelaksanaan UN ada di 35 sekolah bagi siswa SMA dan MA karena ada yang gabungan, sedangkan SMK pelaksanaannya di 48 sekolah," katanya.

KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024