Tim Jupiters Kembali berlatih pascakecelakaan di Malaysia

id jupiter

Tim Jupiters Kembali berlatih pascakecelakaan di Malaysia

Enam pesawat Tim Aerobatic The Jupiters TNI AU kembali berlatih di Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Selasa (31/3) Fota Antara/ Sigid Kurniawan

Sleman, (Antara Jogja) - Tim Aerobatik TNI AU The Jupiters kembali berlatih pascakecelakaan saat mengikuti Pameran Internasional Maritim dan Udara di Pusat Pameran Antar Bangsa Mahsuri, Langkawi, Malaysia, beberapa waktu lalu.

"Latihan ini untuk persiapan menyambut peringatan HUT TNI AU, dan Tim Jupiters akan memeriahkan acara tersebut," kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud TNI AU Adisutjipto Mayor (Sus) Londong di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, dalam latihan perdana pascakecelakaan ini, ada pergantian formasi pilot pesawat jenis Wong Bee KT-1B tersebut.

"Dalam latihan ini untuk pesawat Jupiter 5 dan Jupiter 6 mengalami pergantian, karena pilot sebelumnya yang mengalami kecelakaan diistirahatkan selama tiga bulan," katanya.

Ia menyebutkan pesawat Jupiter 5 dengan pilot pengganti Mayor (Pnb) Kisa, dan Mayor (Pnb) Frando Marpaung pada Jupiter 6.

Menurut dia, penggantian ini sudah merupakan prosedur dalam ilmu penerbangan.

"Setelah pilot melakukan `eject` dengan kursi pelontar, maka pilot harus istirahat tiga bulan," katanya.

Latihan diawali dengan enam pesawat berwarna merah putih itu melakukan lepas landas dari Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

Beberapa saat kemudian pesawat mulai melakukan manuver-manuver yang indah selama kurang lebih 10 menit.

"Dalam latihan perdana ini, Tim Jupiters tampil `full team` dengan melakukan delapan formasi gerakan, dari 16 formasi gerakan yang biasa dilakukan," katanya.

Londong mengatakan latihan ini untuk persiapan menyambut peringatan HUT TNI AU pada 9 April 2015 di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta.

"Pada 4 April nanti keenam pesawat The Jupiters akan bertolak ke Jakarta," katanya.***2***

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024