Disbudpar Sleman amankan situs Lava Bantal Berbah

id lava bantal

Sleman, (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta belum akan mengembangkan situs Lava Bantal di kawasan Sungai Opak, Kecamatan Berbah menjadi objek wisata.

"Kami dalam waktu dekat ini belum akan mengembangkan Lava Bantal sebagai destinasi wisata, namun terlebih dahulu mengajak kerja sama dengan pihak untuk meneliti dan mengamankan situsnya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Rabu.

Menurut dia, antusiasme masyarakat di Kecamatan Berbah sudah tinggi untuk membuka situs tersebut menjadi objek wisata. Untuk itu, perlu langkah cepat untuk menggarap Lava Bantal tersebut.

"Kita tahu, antusiasme sudah tinggi. Bahkan mungkin sudah ada promo-promonya," katanya.

Ia mengatakan, komunikasi dengan masyarakat di sekitar Lava Bantal tersebut memang sudah dilakukan. Langkah yang akan ditempuhnya terlebih dahulu mengajak pihak yang mempunyai kewenangan atau lebih berkompeten meneliti situs tersebut.

"Seperti Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, atau pihak lain. Untuk meneliti situsnya, dari mulai sejarah atau bagaimana nanti konsepnya agar lebih terjaga. Ini baru kita cari, siapa nanti yang kompeten untuk meneliti," katanya.

Ayu mengatakan, setelah diteliti, pihaknya mengajak masyarakat setempat membuka objek wisata ataupun menjaga keasriannya.

"Situs Lava Bantal ini tidak selalu ada di tempat lain. Jadi, harus benar-benar dijaga keasriannya. Setelah siap, baru bagaimana memikirkan konsep wisatanya," katanya.

Sekretaris Disbudpar Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti mengatakan untuk pengembangan aktivitas pariwisata ke depan akan dimulai kajian secara lintas sektor. Sehingga kegiatan pariwisata tidak merusak keberadaannya.

"Selain itu dapat dipilih alternatif pemanfaatan kawasan Lava Bantal untuk kegiatan kepariwisataan yang tepat dan bermanfaat baik untuk edukasi maupun sosial ekonomi masyarakat," katanya.

Keindahan dan keunikan Lava Bantal Berbah ditetapkan oleh Badan Geologi Kementerian ESDM sebagai warisan geologi.

Bongkahan-bongkahan batu besar berbentuk bulat, sedikit menyerupai bantal, menyembul tidak hanya di pinggir kali, tapi terkadang di tengah riak Sungai Opak ini telah menarik masyarakat untuk menikmati keindahannya, termasuk keasrian lingkungan sekitarnya. ***4***

(V001)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2024