Rumah aspirasi PDI Perjuangan Gunung Kidul diresmikan

id pdip

Rumah aspirasi PDI Perjuangan Gunung Kidul diresmikan

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Foto Antara/ Dok)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Sidarto Danusubroto meresmikan rumah aspirasi partai tersebut yang dibangun di 18 kecamatan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Pembangunan rumah aspirasi ini dimaksudkan untuk menjaring aspirasi masyarakat di tingkat bawah," katanya saat meresmikan secara simbolis rumah aspirasi di PAC Karangmojo, Gunung Kidul, Minggu.

Sidarto mengatakan pembangunan rumah aspirasi di setiap kecamatan merupakan salah satu upaya untuk menyerap aspirasi masyarakat.

"Apa yang dirasakan rakyat bisa disalurkan ke rumah aspirasi," kata Sidarto.

Menurut dia, pembangunan rumah aspirasi merupakan upaya mendukung pemerintah, dengan menyerap aspirasi di setiap daerah. Tujuannya untuk menyerap aspirasi masyarakat kemudian diteruskan ke pemerintah.

"Upaya kami menjaring aspirasi dari bawah, salah satunya dengan rumah aspirasi ini. Rumah aspirasi untuk menampung suara rakyat bawah," katanya.

Mantan Ketua MPR ini mengatakan di Gunung Kidul dibangun 18 rumah aspirasi atau satu rumah di setiap kecamatan merupakan yang pertama kali secara serentak di Indonesia.

"Sudah beberapa yang dibangun, namun untuk serentak baru pertama kali," katanya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Gunung Kidul Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan setiap rumah aspirasi memiliki tema sendiri mulai dari Nawacita, Trisakti hingga Sarinah.

Selain itu juga dilengkapi dengan nama-nama wakil rakyat yang duduk di DPRD Gunung Kidul beserta nomor teleponnya, sehingga setiap ada keluhan bisa langsung disampaikan di rumah aspirasi.

"Masing-masing nama di rumah aspirasi memiliki arti tersendiri, misalnya Sarinah dikhususkan untuk menyerap aspirasi dan mengawal kebijakan yang berkaitan dengan kelompok perempuan," katanya.

Meskipun berasal dari PDI Perjuangan, rumah aspirasi ini terbuka untuk umum.

"Siapa pun berhak berkunjung ke sini (rumah aspirasi), kami siap menampung keluhan dari masyarakat," katanya.***2***

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024