KPU Gunung Kidul buka pendaftaran PPK-PPS

id kpu

KPU Gunung Kidul buka pendaftaran PPK-PPS

Ilustrasi (Foto Istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara mulai 19 April -18 Mei.

Komisioner KPU Gunung Kidul Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilihan Ahmadi Ruslan Hani di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan pendaftaran ini untuk persiapan pelaksanaan Pemlihan Kepala Daerah (Pilkada) akhir 2015.

"Namun demikian, kami sampai saat ini masih menunggu pengesahan rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU)," kata Hani.

Saat ini, kata Hani, KPU tengah melakukan konsultasi dengan Komisi II DPR yang akan berakhir Jumat (10/4) . Selain itu, pihaknya juga menunggu Peraturan Menteri Dalam Negeri untuk rincian anggaran dalam pilkada.

"Kami berharap, mudah-mudahan segera selesai, dan proses rekruitmen segera terlaksana," katanya.

Hani mengatakan proses rekruitmen sendiri peserta harus mengisi formulir dan membawa persaratan diantaranya surat pernyataan diri, surat berkelakuan baik hingga surat bebas dari partai politik.

"Untuk lebih detailnya kami menunggu peraturan KPU," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilu Yudha Ayu Mindarsih menambahkan proses perekrutan PPK dilakukan oleh KPU. Sementara PPS akan dilakukan oleh kepala desa setempat yang disertai persetujuan Badan Perwakilan Desa (BPD).

"Nantinya kepala desa memilih enam orang untuk diajukan ke KPU. Dari enam, akan dipilih tiga orang menjadi PPS," kata dia.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024