Disdikpora Gunung Kidul verifikasi guru lolos sertifikasi

id guru

Disdikpora Gunung Kidul verifikasi guru lolos sertifikasi

Ilustrasi (foto Antara)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memverifikasi ulang jumlah guru di wilayahnya yang sudah lolos sertifikasi.

Sekretaris Disdikpora Gunung Kidul Bahron Rosyid, Rabu, memgatakan masih ada ribuan guru belum bisa menerima tunjangan sertifikasi untuk triwulan pertama.

"Saat ini, kami terus melakukan verifikasi data guru yang sudah lolos sertifikasi. Semua proses akan dipadukan dengan surat keputusan tunjangan profesi (SKTP) guna penyesuaian gaji yang akan menggunakan data gaji per Januari tahun ini," kata Bahron.

Ia mengatakan belum semua SKTP masuk ke Disdikpora, sehingga pihaknya belum mengetahui jumlah guru yang sudah memiliki sertifikasi namun belum mendapatkan dana.

"Sesuai dengan aturan jumlah jam mengajar guru yang memiliki hak tunjangan profesi ini adalah 24 jam mengajar dan persaratan lainnya," katanya.

Bahron mengatakan saat ini SKTP yang masuk dari pusat baru untuk SD dan SMP. Untuk SMA dan SMK belum diterima dari Kementerian Kebudayaan Pendidikan Dasar dan Menengah. "Semua dilihat berdasarkan SKTP-nya dari kementerian," katanya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Kepegawaian Disdikpora Gunung Kidul Riyanto menambahkan SKTP yang masuk berjumlah 3.275 buah. "Proses saat ini untuk menyesuaikan dara gai guru yang harus disesuaikan dengan gaji per Januari 2015," kata dia.

Diharapkan proses verifikasi bisa berjalan cepat sehingga pihaknya bisa mengajukan surat permintaan pembayaran dan surat perintah membayar kepada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA). Pihaknya belum bisa memastikan pencairan untuk SMA, SMK, TK karena SKTPnya belum turun. "Kami masih tunggu datanya dari pusat," katanya.

Berdasarkan data Disdikpora, dari 6.528 guru PNS di Gunung Kidul, ada 4.766 guru diantaranya sudah mendapatkan sertifikat kompetensi guru dan menerima tunjangan sertifikasi.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024