Kantor Pos Bantul salurkan PSKS lima kecamatan

id kantor pos

Kantor Pos Bantul salurkan PSKS lima kecamatan

Kantor Pos Bantul DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul, (Antara Jogja) - Kantor Pos Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Kamis telah menyalurkan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera kepada rumah tangga sasaran di lima kecamatan daerah ini.

"Penyaluran dana PSKS serentak di 12 kecamatan se-Bantul dimulai pada 13 April 2015, dan sampai hari ini (Kamis) lima kecamatan sudah dibayarkan atau sekitar 40 persen," kata Ketua Satuan Tugas Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) Kantor Pos Bantul, Eka Prayudi di Bantul, Kamis.

Menurut dia, total rumah tangga sasaran (RTS) Bantul penerima bantuan kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak tersebut pada 2015 sebanyak 60.428 RTS atau masih sama dengan penerima bantuan serupa tahun sebelumnya.

Ia mengatakan penyaluran dana PSKS di Bantul diluncurkan pada 11 April 2015 kepada penerima bantuan yang berada di Kelurahan Bantul, Kecamatan Bantul sebanyak 781 RTS, kemudian secara serentak dijadwalkan mulai 13 April sampai 18 April 2015.

"Setiap hari tiap kecamatan rata-rata membayarkan kepada seribu RTS. Untuk lima kecamatan sudah tersalurkan 90 persen, sementara sisanya yang tujuh kecamatan secara berangsur disalurkan dan diupayakan selesai 18 April 2015," katanya.

Ia mengatakan jika memang RTS penerima PSKS belum bisa mengambil sesuai jadwal utama yang telah ditentukan antara tanggal 11 sampai 18 April 2015 tetap bisa mengambil pada waktu yang akan ditentukan dalam jadwal berikutnya.

"Yang namanya dana PSKS itu sudah masuk ke rekening masing-masing penerima dan bisa diambil setiap saat, sehingga ada jadwal cadangan bagi RTS yang tidak bisa mengambil pada jadwal utama," kata Eka.

Menurut dia, setiap RTS pada penyaluran PSKS tahun 2015, mendapatkan dana sebesar Rp600 ribu untuk jatah tiga bulan, yakni Januari, Februari dan Maret, karena besaran dana tiap bulan Rp200 ribu. Besaran bantuan ini berbeda dengan 2014 yang sebesar Rp400 ribu per RTS.

"Sebenarnya di Bantul ada 17 kecamatan, namun seperti penyaluran PSKS pada tahun lalu, lima kecamatan di Bantul utara dilayani di Kantor Pos Besar Yogyakarta, karena dari sisi jarak lebih dekat daripada ke Kantor Pos Bantul," katanya.***4***

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024