DIY siap kirim pelatih olahraga ke Suriname

id diy

DIY siap kirim pelatih olahraga ke Suriname

Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta siap mengirimkan guru dan pelatih olahraga ke Suriname untuk membantu pengajaran dan pelatihan dalam bidang keolahragaan.

"Pengiriman guru dan pelatih olahraga itu sebagai tindak lanjut kerja sama antara Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan Suriname," kata Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX di Yogyakarta, Jumat.

Saat menerima Menteri Pemuda dan Olahraga Suriname Bambang Ismanto Adna, ia mengatakan selain dalam bidang olahraga, kerja sama antara DIY dan Suriname juga dilakukan dalam bidang kebudayaan.

Menurut dia, beberapa waktu lalu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengunjungi Suriname dan menyerahkan seperangkat gamelan yang bisa digunakan untuk belajar kesenian Jawa terutama Yogyakarta.

Kerja sama itu, kata dia, dimaksudkan untuk mengajarkan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia di Suriname yang sebagian penduduknya berasal dari Jawa.

"Kami berharap kerja sama antara Pemerintah DIY dan Suriname dapat berjalan terus dan berkembang dalam bidang lain," katanya.

Bambang Ismanto mengatakan maksud dan tujuan kedatangannya ke Yogyakarta dikhususkan untuk menindaklanjuti kerja sama dalam bidang keolahragaan dan kebudayaan antara Pemerintah DIY dengan Suriname.

"Kerja sama dalam bidang keolahragaan meliputi guru dan pelatih olahraga seperti pencak silat, atletik, dan bulu tangkis, sedangkan bidang kebudayaan meliputi pedalangan, pewayangan, dan kerajinan," kata pria keturunan Jawa dan Sunda itu.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024