Pemerintah DIY dukung program percepatan pencegahan kanker

id pencegahan kanker

Pemerintah DIY dukung program percepatan pencegahan kanker

Sri Sultan HB X (Foto antaranews.com)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta siap mendukung program nasional percepatan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Indonesia 2014-2019.

"Pemda DIY dan kabupaten/kota menyambut baik dan mendukung program ini, dengan menyatakan kesiapan meneruskan pesan Ibu Negara Iriana Jokowi, agar segenap masyarakat peduli dengan upaya-upaya penanggulangan kanker secara terpadu dan paripurna," kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kulon Progo, Selasa.

Sultan mengatakan keberhasilan program nasional ini memerlukan sosialisasi dan tepat sasaran yang didukung pendekatan persuasi sesuai dengan kebudayaan masyarakat setempat.

Ia juga berharap, program ini dapat laku seperti kesuksesan pemberantasan malaria 1964. Waktu itu, Presiden Soekarno mencanangkan "komando pemberantasan malaria" di daerah Kalasan, DIY, sebagai kegiatan kemitraan masyarakat untuk melaksanakan hidup sehat dan mencagah penyakit malaria.

Menurut dia, hal yang tidak kalah penting adalah peran pengabdian relawan kanker yang menyediakan diri secara tulus ikhlas mau mendampingi penderita dengan melakukan pengobatan dan mendorong penderita kanker untuk berjuang melawan rasa sakit.

Kepada penderita kanker untuk semangat melawan penyakit, baik dengan obat atau atau tanpa obat.

"Kami beharap, kunjungan ibu negera dapat menginspirasi misin pengabdian masyarakat, demi kesehatan masyarakat sendiri yang semakin meluas," kata Sultan.

Ibu Negara Iriana Jokowi didampingi Menteri Kesehetan (Menkes) Nila Moeloek, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo, melakukan komunikasi jarak jauh dengan 10 puskesmas di Indonesia.

(KR-STR)