Sleman pentaskan kesenian unggulan di Bali

id sleman

Sleman pentaskan kesenian unggulan di Bali

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman, (Antara Jogja) - Kontingen Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam misi kebudayaan ke Gianyar, Bali, akan mementaskan tarian berjudul "Kridha Jatirasa", Minggu 26 April 2015 di Balai Budaya Kabupaten Gianyar.

"Pementasan bertajuk `Semalam Gelar Seni dan Budaya DIY di Gianyar` yang dikoordinasikan Dinas Kebudayaan DIY untuk menyemarakkan HUT ke-244 Kabupaten Gianyar," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Kamis.

Menurut dia, tarian yang merupakan representasi DIY tersebut digambarkan dalam sebuah pertunjukkan tarian "medley" lima kesenian rakyat, yaitu badui asal Kabupaten Sleman, angguk (Kabupaten Kulon Progo), reog keprajuritan (Kota Yogyakarta), montro (Kabupaten Bantul), dan tayub (Kabup0aten Gunung Kidul).

"Tarian tersebut didukung 18 penari dan sembilan pengrawit (penabuh gamelan)," katanya.

Sedangkan sebagai sutradara Agus Sukino, penata tari Nurul Dwi Utami, dan penata iringan Sukoco.

"Dalam kesempatan tersebut masing-masing kabupaten/kota di DIY menampilkan seni pertunjukan di antaranya berupa musik kreatif, sajian upacara adat, fashion show, dan fragmen tari klasik Yogyakarta," katanya.

Ayu mengatakan, kontingen Kabupaten Sleman membawakan tarian "Kridha Jatirasa" yang mengungkapkan rasa persatuan dan kesatuan eksistensi seni di DIY.

"Keberagaman budaya dan seni bersatu padu memperkuat jati diri dan melambangkan kokohnya keistimewaan DIY, bagaikan untaian mutu manikam yang terangkai dari ujung barat hingga ujung timur DIY," katanya.

Ia mengatakan, tarian tersebut merupakan aktualisasi semua jenis kesenian rakyat unggulan khas kabupaten/kota di seluruh DIY.

"Diharapkan sajian seni pertunjukan di Bali tersebut dapat lebih mengenalkan potensi budaya DIY di kalangan masyarakat Bali maupun sekaligus wisatawan asing yang berada di lokasi pertunjukan," katanya.***4***

(V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024