Disbudpar Gunung Kidul bangun fasilitas Pantai Krakal

id Baron

Disbudpar Gunung Kidul bangun fasilitas Pantai Krakal

Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul dipadati pengunjung (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera membangun sarana dan prasarana di kawasan Pantai Baron dan Krakal untuk memberikan rasa nyaman bagi wisatawan.

Kepala Disbudpar Kabupaten Gunung Kidul Saryanto di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan, anggaran untuk penataan Pantai Krakal pada 2015 sebesar Rp500 juta.

"Anggaran tersebut untuk membangun pusat kuliner yang nantinya akan menjadikan Krakal sebagai salah satu pantai yang menyediakan makanan khas laut. Selain itu, dilakukan penataan pedagang dan akan dibangun kamar kecil serta penambahan fasilitas kesehatan," kata Saryanto.

Menurut dia, pemkab sudah melakukan berbagai pembangunan salah satunya penataan Pantai Krakal dengan membebaskan lahan sekitar empat hektare untuk pembangunan parkir dan sarana lainnya.

Saat ini sudah dimasukkan dalam detailed engineering design (DED). Di Krakal, pihaknya akan membangun area parkir terpadu karena Krakal dianggap sebagai sentral pantai selatan.

"Nantinya, Pantai Krakal akan menjadi sentral pantai selatan, sebagai pusat kuliner dan tempat istirahat bagi wisatawan," katanya.

Saryanto mengatakan, nantinya di sekitar Pantai Krakal yakni Slili, Sarangan ke arah timur ke Pantai Ngandong akan menjadi satu kesatuan. Nantinya akan disediakn alat transportasi khusus untuk mengangkut wisatawan.

"Sekarang angkutan desa dan angkutan kota agak sulit, dan kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Gunung Kidul," kata dia.

Untuk pantai Baron, kata dia, Pemkab menganggarkan Rp400 juta untuk membangun penataan pedagang, dan penyempurnaan area parkir utara.

"Pembangunan ini agar wisatawan nyaman. Dalam beberapa tahun terakhir kunjungan wisatawan meningkat," katanya.

(KR-STR)