Yogyakarta 10 besar pemda dengan kinerja terbaik

id kota yogyakarta

Yogyakarta 10 besar pemda dengan kinerja terbaik

Pemkot Yogyakarta (Foto Istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta masuk dalam 10 besar pemerintah kota dengan kinerja terbaik dan penghargaan tersebut menjadi penghargaan keempat berturut-turut yang diterima pemerintah daerah.

"Penghargaan yang diterima ini merupakan buah dari kerja keras seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta dan juga dukungan dari masyarakat," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta Titik Sulastri di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, keberhasilan pemerintah daerah itu tersebut tidak terlepas dari penerapan standar pelayanan minimal (SPM) oleh seluruh SKPD dan instansi saat memberkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Di dalam SPM tersebut, lanjut Titik, terdapat 136 indikator yang harus dipenuhi oleh setiap SKPD dalam memberikan pelayanan publik.

"Untuk memenuhi SPM itu membutuhkan kerja keras, karena tidak mudah untuk memenuhinya. Namun, pemerintah terus berupaya agar SPM itu terpenuhi," katanya.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian terhadap Laporan Pertanggungjawaban Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2013 yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri dibantu sejumlah lembaga.

Selain Yogyakarta, kota lain yang juga masuk penilaian 10 pemerintah daerah dengan kinerja terbaik adalah Blitar, Cimahi, Depok, Probolinggo, Madiun, Surabaya, Mojokerto, Samarinda dan Semarang.

"Pada tahun lalu, Yogyakarta bahkan dinobatkan menjadi pemerintah kota dengan kinerja terbaik. Pengumuman biasanya dilakukan pada Agustus. Saat ini, kami masih masuk dalam 10 besar terbaik," katanya.

Titik menambahkan, penetapan Yogyakarta sebagai laboratorium inovasi daerah juga akan memicu peningkatan kualitas pelayanan publik dari setiap SKPD dan instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Inovasi menjadi bagian tak terpisahkan dari pelayanan publik. Selain mendorong SKPD untuk melakukan setidaknya satu jenis inovasi, kami pun mendorong setiap pegawai melakukan inovasi," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, penghargaan tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri pemerintah daerah namun juga menjadi tantangan bagi pemerintah untuk bisa terus meningkatkan kualitas kinerja.

"Tujuan utama pemerintah adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selama ini, masyarakat pun memberikan dukungan kepada pemerintah dalam melakukan pembangunan," katanya. ***4***

(E013)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024