Pemkab berikan rapor merah 11 SKPD

id pemkab berikan rapor

Pemkab berikan rapor merah 11 SKPD

Kabupaten Gunung Kidul (Foto Istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan rapor merah kepada 11 Satuan Kerja Perangkat Daerah yang belum melakukan penyerapan anggaran dengan baik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gunung Kidul Budi Martono di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan evaluasi penyerapan anggaran dilakukan untuk pertama kali.

"Pada awal tahun, setiap SKPD diminta untuk membuat target, lalu pada empat bulan akan dilakukan evaluasi," kata Budi Martono.

Ia mengatakan dari 46 SKPD, 11 di antaranya mendapatkan rapor merah, di antaranya Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) serta Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD).

Menurut dia, hasil kinerja SKPD diketahui dari hitungan deviasi antara target dan realisasi berada di atas 10 persen. Selain itu, ada 13 SKPD mendapatkan rapor kuning. Sedangkan 22 SKPD mendapatkan rapor hijau karena deviasi penyerapan anggarannya kurang dari lima persen.

Budi mengatakan 11 SKPD yang tidak baik dalam penyerapan anggaran akan diberikan pendampingan selama caturwulan berikutnya agar penyerapan lebih baik.

Untuk SKPD yang mendapat rapor hijau akan diberikan penghargaan atas kinerjanya. SKPD dengan kinerja paling baik yakni Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan ( BP2KP), RSUD Wonosari, dan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan ESDM.

Untuk kategori pemerintahan kecamatan, Kecamatan Ponjong menduduki posisi paling tinggi dalam penyerapan anggarannya. Kemudian diikuti oleh Kecamatan Gedangsari dan Ngawen. "Akan ada penghargaan bagi SKPD yang penyerapan anggarannya baik," katanya.

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Badingah berharap kepala SKPD yang mendapatkan rapor merah untuk berkoordinasi dengan asisten Sekda untuk evaluasi. "Apabila bertanya kepada asisten I atau II, kepala SKPD bisa cari jalan keluarnya secara bersama," kata dia.

Dia berharap agar SKPD yang mendapatkan rapor merah segera memperbaiki kinerjanya.

"SKPD yang belum baik penyerapannya segera dilakukan perbaikan kinerja," kata politikus perempuan Partai Amanat Nasional ini.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024