DPRD Magelang mendukung Bedah Menoreh Kulon Progo

id menoreh

DPRD Magelang mendukung Bedah Menoreh Kulon Progo

Kawasan Perbukitan Menoreh Kabupaten Kulon Progo, DIY (id.wikipedia.org)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mendukung program Bedah Menoreh yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Magelang Sarwo Edi di Kulon Progo, Kamis, mengatakan Bedah Menoreh merupakan program strategis untuk pengembangan wisata dan wilayah perbatasan Kulon Progo-Magelang.

"Program tersebut akan dapat mendukung pengembangan pariwisata yang sedang digalakkan Pemkab Magelang. Bedah Menoreh juga akan mendorong kemajuan wilayah perbatasan kedua kabupaten," kata Sarwo Edi saat melakukan kunjungan kerja di DPRD Kulon Progo.

Menurut dia, program Bedah Menoreh akan berdampak luas pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

"Bukan hanya masyarakat Kulon Progo tetapi juga masyarakat Kabupaten Magelang, terutama wilayah Kecamatan Borobudur dan sekitarnya," kata Sarwo Edi.

Oleh karenanya, lanjut Sarwo Edi, DPRD Kabupaten Magelang akan mendorong pemkab untuk melaksanakan program pengembangan wilayah di perbatasan. Termasuk jalur wisata yang bisa mendukung perkembangan wisata di kawasan Perbukitan Menoreh.

"Nantinya Kabupaten Magelang dan Kulon Progo bisa bisa saling mendukung dan berkembang bersama," kata Edi.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Kulon Progo Krisutanto mengatakan di Kulon Orogo terdapat 58 objek wisata. Tujuh diantaranya dikelola oleh pemkab dan lainnya dikelola masyarakat. Dari ke-58 objek wisata, ada beberapa yang dibuat paket dengan objek wisata Kabupaten Magelang. Antara lain Puncak Suroloyo, Goa Sriti, Curug Sidoharjo, Taman Bunga Krisan dan kawasan arung jeram Kali Progo.

"Kalau kerja sama pengembangannya dapat terealisasi akan mempercepat kemajuan pariwisata di Kulon Progo dan Magelang," kata Krissutanto.***1***

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024