Jateng juara umum OSN PK-LK Dikdas

id osn pk-lk

Jateng juara umum OSN PK-LK Dikdas

OSN (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Kontingen Jawa Tengah menjadi juara umum Olimpiade Sains Nasional 2015 untuk kategori Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar, dengan meraih lima medali.

"Lima medali yang diraih kontingen Jawa Tengah (Jateng) itu terdiri atas empat medali emas dan satu medali perunggu," kata Koordinator Dewan Juri Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 kategori Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK) Pendidikan Dasar (Dikdas) Herman Dwi Suyono di Yogyakarta, Kamis.

Di sela penutupan OSN 2015 kategori PK-LK Dikdas, ia mengatakan Jateng meraih medali emas pada jenjang SDLB/MILB/SD Inklusif/MI Inklusif bidang matematika, jenjang SMPLB/MTsLB/SMP Inklusif/MTs Inklusif bidang matematika.

Kontingen Jateng juga meraih medali emas pada jenjang SMPLB/MTsLB/SMP Inklusi/MTs Inklusif bidang IPA dan jenjang SMPLB/MTsLB/SMP Inklusi/MTs Inklusif bidang teknologi informasi.

Selain empat medali emas, kontingen Jateng juga meraih satu medali perunggu pada jenjang SDLB/MILB/SD Inklusif/MI Inklusif bidang IPA.

"Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai tuan rumah meraih tiga medali perunggu dalam kompetisi tahunan tersebut," katanya.

Ketua Panitia OSN PK-LK Dikdas Ahmad Yusuf mengatakan OSN bagi anak-anak difabel dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam bidang matematika, IPA, dan teknologi informasi.

"OSN diharapkan dapat menumbuhkembangkan karakter, budaya belajar, kreativitas, dan inovasi di kalangan siswa difabel. Para siswa juga belajar kompetisi yang sehat dan sportif," katanya.

Menurut dia, OSN kategori PK-LK Dikdas melombakan lima cabang yakni cabang matematika SDLB, SD inklusif, MILB, MI inklusif, cabang IPA SDLB, SD inklusif, MI LB, MI inklusif, dan cabang matematika SMPLB, SMP inklusif, MTs LB, MTs inklusif.

Selanjutnya cabang IPA SMPLB, SMP inklusif, MTs LB, MTs inklusif dan cabang teknologi informasi SMPLB, SMP inklusif, MTs LB, MTs inklusif.

"Total peserta OSN 2015 kategori PK-LK Dikdas sebanyak 155 orang dari 33 provinsi. Peserta merupakan tunanetra untuk bidang matematika serta tunarungu, tunagrahita, autis, dan tunadaksa untuk bidang IPA dan teknologi informasi," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024