Warga Gunung Kidul temukan beras mencurigakan

id beras sintetis

Warga Gunung Kidul temukan beras mencurigakan

Waspada beras sintetis Seorang pedagang beras menggelar dagangannya di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Jumat (22/5). Menurut Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop UMKM) D.I.Yogyakarta optimis persediaa

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Seorang warga Dusun Duwet, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan beras mencurigakan yang diduga bercampur dengan beras plastik, dan bila dikonsumsi menyebabkan sakit perut.

Warga Duwet, Karangwuni, Rongkop, Sunarmo di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan kecurigaan terhadap beras yang dibelinya dari sebuah warung itu muncul karena ketika dimasak beras itu memiliki tekstur yang berbeda dengan beras yang selama ini dikonsumsinya.

Beras dengan merek "Raja Lele" ini dibeli sejak 5 Mei di sebuah warung di desanya. "Saya beli 10 kg untuk mencampur beras hasil panen agar lebih pulen saat dikonsumsi," kata Sunarmo.

Ia mengatakan sejak awal dirinya sebenarnya curiga dengan beras yang dibelinya tersebut karena saat dicuci oleh istrinya Murbiah, beras tersebut dirasakan lebih licin dibandingkan beras biasanya.

"Untuk membuktikan kecurigaan tersebut, kami membakar beras itu tadi pagi dan ternyata menggumpal," katanya.

Ia mengatakan ada perbedaan antara beras hasil panennya dengan beras yang dibelinya dengan harga Rp9.600 per kg dan sudah dikemas per 5 kg.

"Beras hasil panen jika dibakar menjadi hancur, tetapi ini malah menggumpal seperti plastik," katanya.

Sunarmo mengatakan untuk mengantisipasi penyakit akibat beras tersebut, untuk sementara dirinya hanya mengolah makanan hasil dari panen.

"Saya memilih masak nasi dari hasil panen, dan tidak dicampur dengan beras yang dibeli di toko. Beberapa hari terakhir saya susah buang air besar sejak mengonsumsi beras itu," katanya.

Sementara itu untuk membuktikan beras tersebut, petugas Polsek Rongkop yang datang ke lokasi yang terletak di perbatasan Gunung Kidul dengan Pracimantoro, Jawa Tengah, dipimpin Kapolsek Rongkop AKP Sunarto langsung membakar beras yang dicurigai tersebut.

"Saya membawa sampel beras untuk diserahkan pihak berwenang untuk diteliti," kata Sunarto.


(KR-STR)