Hiswana DIY kembali OP elpiji pada Juni

id elpiji

Hiswana DIY kembali OP elpiji pada Juni

Elpiji 3kg (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar operasi pasar elpiji tiga kilogram pada Juni 2015 guna memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau.

"Jadwalnya akan kembali ada OP (operasi pasar) pada Juni nanti," kata Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Siswanto di Yogyakarta, Sabtu.

Dia mengatakan, sebelumnya bersama PT Pertamina, OP elpiji telah digelar di Kelurahan Sorowajan, Banguntapan, Bantul, kelurahan Sidoarum, Godean, Kabupaten Sleman, serta empat kecamatan di Gunung Kidul.

OP dilakukan, menurut dia, selain berdasarkan permintaan masing-masing kabupaten, juga untuk menyikapi harga elpiji yang telah melebihi harga eceran tertinggi (HET) di tingkat pengecer.

"Harganya sudah melebihi kewajaran, ada yang sampai Rp20.000 dan Rp23.000," kata dia.

Selain itu potensi kelangkaan stok elpiji tiga kilogram di tingkat pengecer, kata dia, juga masih memiliki kemungkinan kembali terjadi. "(Potensi kelangkaan gas) bukan hanya di Bantul seperti yang banyak siberitakan, tapi semua wilayah di DIY," kata dia.

Kendati demikian, menurut dia, terkait stok elpiji tiga kilogram yang akan kembali dipasok dalam OP pada Juni mendatang belum ditentukan. "Nanti yang menentukan PT Pertamina. Tergantung kebutuhannya berapa," kata dia.

Sementara itu, Siswanto berharap Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menindak tegas agen dan pangkalan yang nakal yaitu menjual elpiji tiga kilogram di atas harga eceran tertinggi atau menjual elpiji tiga kilogram ke luar daerah.

Menurut Siswanto, proses pendistribusian elpiji perlu diatur dengan peraturan yang tegas dan jelas serta diawasi pelaksanaannya secara ketat oleh Pemerintah.

Peraturan tersebut juga harus berisi klasifikasi data masyarakat yang berhak atau tidak berhak menggunakan elpiji, baik 3 kg maupun 12 kg, serta rayonisasi pasokan elpiji sesuai kuota yang telah ditentukan untuk masing-masing kabupaten.

(L007)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024