DIY akan gelar pasar murah jelang Ramadhan

id pasar murah

DIY akan gelar pasar murah jelang Ramadhan

Ilustrasi pasar murah (antaranews.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar pasar murah menjelang Ramadhan dan Lebaran pada 8 Juni -7 Juli 2015.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menenga (Disperindagkop UMKM) DIY, Riyadi Ida Bagus Salyo Subali di Yogyakarta, Jumat, mengatakan pasar murah dilakukan untuk meringankan harga kebutuhan pokok yang biasanya melonjak selama bulan puasa hingga lebaran agar tetap terjangkau bagi masyarakat miskin.

"Sehingga masyarakat kurang mampu tetap dapat merasakan belanja kebutuhan pokok dengan harga yang relatif lebih murah," kata dia.

Penyelenggaraan pasar murah untuk tahun ini, kata dia, akan dilakukan di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Bantul, Kulon Progo dan Sleman.

Menurut dia, hanya masyarakat yang tergolong miskin saja yang dapat membeli sembako di pasar murah. Oleh sebab itu Disperindagkop UMKM DIY akan menggandeng pemerintah kabupaten untuk memastikan data masyarakat yang tergolong menengah ke bawah.

"Sehingga nantinya masyarakat yang berhak saja yang bisa membeli," kata Riyadi.

Menurut dia, pasar murah akan menjual beberapa komoditas antara lain minyak goreng, gula, beras, telur ayam serta daging ayam.

"Untuk selisih harga dibanding pasar umum mulai Rp2.000 hingga Rp3.000 sebab mendapatkan subsidi. Harga tersebut diharapkan cukup meringankan masyarakat saat harga melonjak," katanya.

Program pasar murah tersebut bekerjasama dengan Bank Indonesia perwakilan DIY sebagai penyandang dana. Beberapa distributor yang akan diikutsertakan dalam pasar tersebut antara lain beberapa pedagang besar di Pasar Bring Harjo dan Pasar Kranggan.

L007
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024