Sleman gelar lomba foto wisata budaya

id foto

Sleman gelar lomba foto wisata budaya

Ilustrasi .omba Foto (Foto java promo)

Sleman (Antara) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Bagian Humas bekerja sama dengan "Jogja Shutter Camp" dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sleman ke 99, berencana menyelenggarakan lomba foto wisata budaya pada Minggu 31 Mei 2015.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Sri Winarti, Jumat mengatakan, lomba foto ini dimaksudkan untuk memperkaya informasi bagi masyarakat tentang potensi kekayaan budaya yang ada di Kabupaten Sleman.

"Khususnya aset budaya bangunan sejarah candi maupun kekayaan bangunan-bangunan `heritage` yang penting untuk dilestarikan keberadaannya," ucapnya.

Ia mengatakan, selain itu potensi yang dimiliki oleh penggemar fotografi ataupun komunitasnya sangat besar dan efektif untuk membantu memberikan informasi pada masyarakat bukan saja masyarakat lokal tetapi juga nasional, bahkan kepada masyarakat internasional.

"Informasi ini dapat disampaikan melalui jejaring media sosial yang dimiliki penggemar fotografi," ujarnya.

Sri Winarti mengatakan, sinergitas atas pemerintah daerah dan komunitas fotografi yang ada pada ajang lomba ini akan berdampak sangat positif bagi pengenalan potensi yang dimiliki Kabupaten Sleman.

"Peserta lomba foto dibuka untuk umum tanpa dipungut biaya, tempat pendaftaran di Taman Breksi, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman yang letaknya berdekatan dengan Candi Ijo, pada minggu (31/5) mulai pukul 06.30 hingga 07.30 WIB, kemudian pelaksanaan lomba dari pukul 08.00 � 12.00 WIB," tuturnya.

Ia mengatakan, foto yang diikutsertakan dalam lomba ini adalah hasil pemotretan langsung dari kamera tanpa proses `editing` dengan menggunakan perangkat lunak di luar fasilitas yang ada pada kamera digital.

"Penilain pada lomba foto ini dilakukan oleh dewan juri yang sudah berpengalaman di bidangnya antara lain Dwi Oblo (pewarta foto), Tosan Tri Putro, S.Sn., M.Sn. (pengajar perguruan tinggi dan praktisi foto), Surya Adi Lesmana (pewarta foto) dan juri kehormatan dari bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Ivhal Ilyas," tambahnya.

Lomba foto yang digagas oleh Humas Pemkab Sleman dan Jogja Shutter Camp ini memperebutkan hadiah uang total sebesar Rp4 juta dan juga piagam dari Pemerintah Kabupaten Sleman.

"Juara I akan memperoleh uang sebesar Rp1,5 juta dan `voucher` hotel, juara II memperoleh uang sebesar Rp1 juta dan `voucher` hotel, juara ke III Rp750 ribu, juara harapan I memperoleh uang Rp500 ribu, dan juara harapan II memperoleh uang sebesar Rp250 ribu," jelasnya.

Hadiah kejuaraan akan diserahkan pada acara pengumuman pemenang lomba fotografi dan bloger aksi lintas komunitas peduli wisata serta pemberian penghargaan kepada kontributor "community journalism".

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024