Kader PDIP DIY diminta menangkan Pilkada 2015

id PDIP

Kader PDIP DIY diminta menangkan Pilkada 2015

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta Eko Suwanto (Foto Eko Suwanto/Dokumen Pribadi)

Jogja (Antara Jogja) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta mengajak kader memenangkan Pemilihan Kepala Daerah 2015 di tiga kabupaten secara gotong royong.





Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY Eko Suwanto di Yogyakarta, Jumat, mengatakan partainya sudah melakukan konsolidasi internal seperti pelatihan "Manajer Tim Kampanye" yang diadakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan.





"Seluruh kader partai diminta untuk bergotong royong dalam pemenangan pilkada serentak di tiga kabupaten, yakni Bantul, Sleman, dan Gunung Kidul," kata Eko.





Ia mengatakan PDI Perjuangan sudah mendapatkan kepercayaan rakyat saat Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014 sehingga menjadi modal positif dan optimistis untuk meraih kemenangan saat Pilkada 2015.





"Kami akan jaga kepercayaan publik pada PDI Perjuangan dengan calon yang sudah teruji keberpihakan pada rakyat. Kader saat ini sangat siap memenangkan pilkada serentak 2015 dengan semangat gotong royong," kata politisi muda PDI Perjuangan itu.





Ia mengharapkan Komisi Pemilihan Imum (KPU) di Gunung Kidul, Sleman, dan Bantul harus bisa mewujudkan terselenggaranya pilkada serta menjamin hak konstitusional warga negara, termasuk memastikan validnya daftar pemilih tetap (DPT) yang masih bermasalah selama ini.





"Sukses penyelenggaraan pilkada bukan hanya terselenggaranya ajang pemilihan kepala daerah secara formal semata," katanya.





Lebih dari itu, kata Eko, KPU perlu mewujudkan pilkada yang berbudaya dan melawan adanya praktik politik uang. Di sisi lain, pilkada dibiayai oleh uang rakyat, maka pertanggungjawaban penggunaan dana harus transparan.





Eko mengatakan KPU juga harus memastikan PNS netral dalam proses penyelenggaraan pilkada. Calon kepala daerah tidak boleh memanfaatkan celah kecurangan untuk memobilisasi suara pemilih.





"Praktik politik uang jangan diberi ruang, sudah waktunya kita pilih pemimpin lewat proses demokrasi yang berbudaya," kata Eko.





Menurut Eko, PDI Perjuangan sendiri akan mengikuti semua tahapan proses pilkada sesuai Undang-Undang.





"Kita tentu akan taat konstitusi dan mendorong calon kepala daerah yang berpihak kepada kebijakan mewujudkan kesejahteraan rakyat," kata dia.





(KR-STR)