Bantul menargetkan panwascam pilkada terbentuk pekan depan

id Panwaslu

Bantul menargetkan panwascam pilkada terbentuk pekan depan

Ketua Panwaslu Bantul Supardi (Foto Antara/Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan panitia pengawas tingkat kecamatan untuk pemilihan kepala daerah pada Desember 2015 akan terbentuk pekan depan.

"Kami target panwascam terbentuk kalau tidak tanggal 4 ya tanggal 5 Juni 2015, karena kami kejar tahapan yang sudah dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU)," kata Ketua Panwaslu Bantul Supardi di Bantul, Jumat.

Menurut dia, target panitia pengawas kecamatan (panwascam) di 17 kecamatan agar terbentuk minggu depan, karena tahapan pilkada di KPU Bantul sudah akan memulai pemutakhiran data pemilih usai panitia pemilihan kecamatan (PPK) dilantik pada Jumat (29/5).

Ia mengatakan proses pembentukan panwascam di Bantul hingga pekan ini sudah memasuki tahapan tes tertulis yang digelar pada Jumat (29/5) pagi, bahkan hasil seleksi tes tertulis sudah diumumkan sorenya.

"Peserta yang terdaftar mengikuti tes tertulis sebanyak 126 orang, namun ada delapan orang tidak hadir sehingga yang mengikuti tes berjumlah 118 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 98 orang dinyatakan lolos tes tertulis," katanya.

Dengan demikian, kata dia, nama-nama calon anggota panwascam yang bisa dilihat di Kantor Panwaslu Bantul dan website Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY tersebut akan mengikuti seleksi wawancara pada awal pekan depan.

"Untuk tes wawancara serta uji kepatutan dan kelayakan kami agendakan pada Senin (1/6) sampai Rabu (3/6) setelah itu kami umumkan hasilnya untuk kemudian menunggu pelantikan," kata Supardi.

Namun demikian, kata dia, sebelum tes wawancara, pascapengumuman hasil seleksi tulis calon panwascam Bantul Jumat (29/5) pihaknya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberi tanggapan atau masukan terhadap figur calon panwascam.

"Silahkan sampaikan tanggapan dan masukan terhadap figur calon panwascam, ini akan jadi pertimbangan kami. Total kebutuhan panwascam sebanyak 51 orang, masing-masing kecamatan tiga orang," katanya.

(KR-HRI)