BCA latih pengembangan diri penerima beasiswa UGM

id beasiswa

BCA latih pengembangan diri penerima beasiswa UGM

Penyerahan cenderamata dari Head of CRS BCA Sapto Rahmadi (kiri) kepada Direktur Kemahasiswaan UGM Senawi (kanan) disaksikan Kepala KCU BCA Yogyakarta Sabar Purnomo (tengah). (Foto istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - PT Bank Central Asia Tbk memberikan pelatihan pengembangan diri kepada para penerima beasiswa dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Lulusan universitas akan menghadapi dunia profesional yang semakin kompetitif dan membutuhkan individu yang memiliki kualitas kompetensi yang unggul untuk dapat meningkatkan performa perusahaan di mana mereka bekerja," kata Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) Bank Central Asia (BCA) Yogyakarta Sabar Purnomo di Yogyakarta, Sabtu.

Pada pembukaan pelatihan pengembangan diri, ia mengatakan universitas memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi mereka dengan peningkatan kompetensi baik yang sesuai kurikulum maupun dalam "softskill".

"Sebagai pemberi beasiswa, BCA ikut memiliki tanggung jawab tersebut. Oleh karena itu, kami mengadakan pelatihan pengembangan diri yang dapat mempersiapkan mereka untuk dapat bersaing di dunia profesional," katanya.

Pada pelatihan tersebut, kata dia, para peserta dibekali "self assesment" dan berbagai pelatihan seperti kerja sama, dasar-dasar kepemimpinan dan berbagai tips untuk menghadapi dunia profesional sebagai lulusan baru.

"Kami berharap setelah pelatihan itu para peserta memiliki etos kerja, motivasi, daya kreasi, inovasi, dan berbagai keahlian lain yang diperlukan untuk menghadapi dunia kerja," katanya.

Ia mengatakan sebelumnya pembekalan diri menghadapi dunia kerja telah dilakukan BCA melalui seminar kepada mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), dan Universitas Udayana (Unud).

"Kami tidak hanya menyelenggarakan seminar, tetapi juga memberikan `mentoring` kepada seluruh penerima beasiswa Bakti BCA periode 2014-2015 yang ada di Universitas Diponegoro (Undip), Unud, Universitas Brawijaya (Unibraw), dan UGM," katanya.

BCA, kata dia, juga menerima kunjungan studi mahasiswa Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) dan Singapore Management University (SMU) serta mengadakan lokakarya serta diskusi pada kunjungan tersebut.

Menurut dia, sebelum memberikan pelatihan pengembangan diri di UGM, BCA juga telah mengadakan kegiatan serupa di Unibraw dan Universitas Airlangga (Unair) di Malang, Jawa Timur, pada 9-10 Me1 2015.

"Kami berharap pelatihan itu dapat bermanfaat bagi para mahasiswa sehingga mereka mampu untuk bersaing setelah menyelesaikan studi di jenjang universitas baik dalam dunia profesi maupun wirausaha," kata Sabar.

Pelatihan pengembangan diri bagi penerima beasiswa dari UGM yang berlangsung pada 30-31 Mei 2015 itu dibuka oleh Head of CSR BCA Sapto Rachmadi, dan dihadiri Direktur Kemahasiswaan UGM Senawi dan Direktur PT Qando Qoaching Julianus Juta.

(B015)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024