KPU Gunung Kidul terima pendaftaran calon independen

id KPU

KPU Gunung Kidul terima pendaftaran calon independen

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto Mamik/ANTARA)

Gunung Kidul (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerima satu bakal calon bupati dari jalur independen yang akan mengikuti Pemilihan Kepada Daerah Desember 2015.

Ketua KPU Gunung Kidul Zaenuri Ikhsan di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan pihaknya menerima satu bakal calon independen Benyamin Sudarmaji dan Mustangid yang mendaftarkan diri pada Sabtu (13/6).

"Kami langsung mengecek bukti dukungan yang dibawa menggunakan puluhan kotak. Kami minta dari tim sukses menunggu, kalau masih ada yang kurang akan langsung diminta," kata Zarnuri.

Ia mengatakan pendaftaran calon independen dibuka sejak Kamis (11/6) hingga Senin ( 15/6). Dukungan untuk calon perseorangan (independen) yang maju Pilkada Gunung Kidul harus sebanyak 7,5 persen jumlah penduduk. Saat ini, jumlah penduduk mencapai 749.447 jiwa.

"Bakal calon independen harus didukung oleh pemilih di Gunung Kidul minimal 56.206 dan tersebar minimal di 10 kecamatan," katanya.

Zainuri mengatakan setelah selesai pendaftaran akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual ke lapangan.

"Kami akan mengecek ke lapangan apakah dukungan yang disampaikan oleh pasangan sesuai dengan yang ada di lapangan atau tidak," katanya.

Sementara itu, Benyamin mengatakan pihaknya sudah mendapatkan dukungan dari seluruh kecamatan dan desa di Gunung Kidul.

"Ada sekitar 90 ribu, tetapi belum semuanya kami imput, dan hari ini diserahkan hanya 68 ribu," katanya.

Ia mengatakan bila ada kekurangan dan kesalahan timnya sudah siap menerikan tambahan serta perbaikan. "Semoga bisa memenuhi persyaratan dan ikut pilkada," katanya.

Benyamin mengaku memilih calon independen karena agar lebih dekat dengan warga. Selain itu selama ini tidak pernah berkomunikasi dengan partai politik (parpol).

"Saya belum pernah melakukan komunikasi dengan parpol dan memang pilihan saya jalur independen," katanya.

(KR-STR)