18 tim ikuti Festival Perahu Naga

id festival perahu naga

18 tim ikuti Festival Perahu Naga

Lomba perahu naga di Bendung Tegal Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul, (Antara Jogja) - Sebanyak 18 tim dari berbagai daerah mengikuti Festival Perahu Naga yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, di Laguna Depok, Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Minggu.

"Dari 18 tim, tiga peserta di antaranya berasal dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), satu tim yang terdiri dari 17 orang akan menempuh lintasan sepanjang kurang lebih 800 meter," kata Ketua Panitia Penyelenggara Festival Perahu Naga Arya Nugrahadi di sela festival.

Dia menjelaskan festival yang diselenggarakan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul serta Jogja Chinese Art dan Culture Center (JACC) dan tokoh masyarakat itu, dalam rangka perayaan Peh Cun 2015, suatu tradisi masyarakat Tiong Hoa.

"Sedangkan tema kegiatan pada penyelenggaraan festival kali ini, adalah `Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya Bangsa Menuju Masyarakat Global`," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY tersebut.

Ia mengatakan kegiatan bertujuan meningkatkan daya tarik wisata dan mengenalkan objek wisata baru Laguna Depok, Parangtritis, yang saat ini sudah menjadi objek wisata andalan di Bantul dan DIY pada umumnya.

"Selain itu memberi wadah dan kesempatan dalam pengembangan kesenian warga masyarakat Bantul serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," kata Arya.

Menurut dia, panitia akan mengambil enam terbaik, yakni juara pertama sampai ketiga, dan juara harapan pertama sampai ketiga untuk mendapatkan tropi serta uang pembinaan dengan total sebesar Rp67,5 juta.

"Diharapkan Festival Perahu Naga ini juga dapat menciptakan bibit-bibit atlet olah raga dayung yang andal dan berdaya juang tinggi sehingga menjadi aset daerah yang perlu ditingkatkan," katanya. ***1***

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024