Sabtu, 23 September 2017

Lima CCTV Giwangan siap pantau angkutan lebaran

id giwangan
Lima CCTV Giwangan siap pantau angkutan lebaran
Terminal Bus Giwangan Yogyakarta (Foto flickriver.com)
Yogyakarta, (Antara Jogja) - Sebanyak lima "closed circuit television" di kompleks Terminal Giwangan siap digunakan untuk memantau kondisi terminal tipe A tersebut selama masa Angkutan Lebaran 2015.

"Seluruh `closed circuit television` (CCTV) ini aktif selama 24 jam dan dimonitor oleh operator di ruang server," kata Pelaksana Tugas Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Giwangan Yogyakarta Nugroho di Yogyakarta, Sabtu.

Kelima CCTV tersebut masing-masing ditempatkan di ruang tunggu penumpang yang berada di lantai dua terminal, area kedatangan bus, area penurunan penumpang di Blok A dan B, area keberangkatan bus, dan area bus perkotaan.

Seluruh gambar yang tertangkap kamera CCTV akan direkam dan bisa diputar ulang apabila dibutuhkan.

Ia menjelaskan, CCTV yang terpasang di Terminal Giwangan merupakan "pilot project" aplikasi berbasis web dari Kementerian Perhubungan untuk manajemen transportasi.

"Pilot Project" tersebut tidak hanya dioperasikan di Terminal Giwangan saja tetapi di terminal Tipe A lainnya yaitu Tasikmalaya, Purwokerto dan Surabaya sejak 2009.

Selain CCTV, kesiapan sarana dan prasarana di Terminal Giwangan untuk masa angkutan Lebaran adalah membuka sejumlah posko, di antaranya posko angkutan, posko informasi, posko kesehatan, dan penambahan papan informasi serta tujuan bus.

"Dari terminal, ada 111 personel yang diterjunkan untuk mendukung masa angkutan Lebaran. Masih ada tambahan personel dari berbagai pihak seperti kepolisian, TNI, Pramuka, PMI, BPBD serta dari PDAM Tirtamarta," katanya.

Sedangkan kesiapan dari teknis operasional, Terminal Giwangan memiliki kapasitas parkir statis untuk 68 bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) serta kapasitas parkir statis untuk 11 bus perkotaan.

Terminal yang berlokasi di bagian selatan Kota Yogyakarta tersebut memiliki empat jalur kedatangan untuk bus AKAP/AKDP, tiga jalur kedatangan bus perkotaan, 10 jalur pemberangkatan bus AKAP/AKDP dan 11 jalur pemberangkatan bus perkotaan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Wirawan Hario Yudho memperkirakan akan ada sekitar 1.000 bus yang masuk terminal pada masa angkutan Lebaran.

"Untuk bus cadangan, akan disiapkan sekitar 600 armada," katanya. ***1***

(E013)


Editor: Victorianus Sat Pranyoto

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga