Jumlah kunjungan wisatawan Gunung Kidul turun

id patai gunung kidul

Jumlah kunjungan wisatawan Gunung Kidul turun

Objek wisata Pantai Kukup, Gunung Kidul (foto ANTARA/Wahyu Putro)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Jumlah kunjungan wisatawan ke seluruh objek wisata di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami penurunan sekitar 60 persen selama Ramadhan.

"Selama bulan puasa pengunjung memang menurun di hampir semua objek wisata yang ada di Gunung Kidul," kata Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Senin.

Ia mengatakan setiap bulan puasa memang biasa terjadi penurunan dan akan mengalami kenaikan kembali menjelang Hari Raya Idul Fitri dan setelah Lebaran.

"Akhir puasa dan setelah Lebaran baru meningkat karena adanya pemudik yang mulai berdatangan," kata dia.

Sementara itu Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Gunung Kidul Dewa Bejo Subagyo mengatakan ada penurunan sebesar 60 persen kunjungan wisatawan dibandiangkan dengan hari biasa.

"Ada penurunan selama bulan puasa sebesar 60 persen," katanya.

Ia mengatakan kejadian ini rutin setiap tahunnya, sehingga dirinya tidak khawatir karena adanya penurunan kunjungan ini.

"Biasa terjadi, kami tidak khawatir karena biasanya akhir bulan akan kembali lagi," katanya.

Sekretaris Search and Rescue (SAR) Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul Surisdiyanto menambahkan selain adanya penurunan wisatawan saat bulan puasa, adanya gelombang tinggi ikut mempengaruhi jumlah kunjungan.

"Saat ini sudah normal, kemarin gelombang tinggi mencapai empat meter," kata Surisdiyanto.

Meski sepi, pihaknya mengerahkan semua anggota SAR untuk berjaga disepanjang pantai selatan Gunung Kidul. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kecelekaan laut.***1***

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024