UII-Y`sU Korsel kerja sama program "dual degree"

id UII

UII-Y`sU Korsel kerja sama program "dual degree"

Penandatanganan MoU antara UII Yogyakarta dengan Youngsan University Korsel (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan Youngsan University Korea Selatan menjalin kerja sama dalam program "dual degree" untuk jenjang sarjana dan pascasarjana.

Nota kesepahaman itu ditandatangani Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Harsoyo dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Internasional Youngsan University (Y`sU) Kim Taehee di Yogyakarta, Senin.

Harsoyo mengatakan dengan adanya kerja sama tersebut, kedua universitas sepakat untuk menyediakan peluang yang mungkin bisa diambil pada masing-masing kampus kepada mahasiswa asing yang akan belajar pada program sarjana maupun pascasarjana.

"Di antara program `dual degree` yang bisa diambil mahasiswa adalah Program Studi Ilmu Komunikasi, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Ilmu Hukum, dan Manajemen Bisnis," katanya.

Menurut dia, hal itu dilakukan dengan skema 1+1,5 (pascasarjana) atau 2+3,5 (dual degree S-1 dilanjutkan dengan S-2 dari Y`sU).

Saat ini, kata dia, ada tiga mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi UII siap diberangkatkan ke Korea Selatan (Korsel) dalam rangka mengawali implementasi kerja sama antara Y`sU dan UII tersebut.

"Upaya peningkatan kerja sama internasional terus dilakukan oleh UII dengan universitas lain dari berbagai negara. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung proses internasionalisasi pendidikan yang sudah dicanangkan dalam visi misi UII," katanya.

Kim Taehee mengatakan kerja sama yang sudah disepakati itu akan menjadi sangat penting bagi kedua universitas, mengingat kondisi global di dunia saat ini yang terus berubah.

"Hal itu menuntut adanya peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan peningkatan tersebut bisa dilakukan dengan kerja sama internasional," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024