Dishubkominfo Gunung Kidul lakukan uji kelaikan kendaraan

id kendaraan

Dishubkominfo Gunung Kidul lakukan uji kelaikan kendaraan

Ilustrasi (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melakukan uji kelaikan jalan bagi kendaraan untuk mengantisipasi kecelakaan saat arus mudik Lebaran 2015.

Kepala Seksi Angkutan Dishubkominfo Gunung Kidul Bayu Setiawan di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan dalam uji kelayakan pihaknya akan mengambil sampel secara acak, namun pihaknya belum bisa menerangkan kapan pelaksanaannya. "Kemungkinan akan dilakukan menjelang dan sesudah hari raya," kata Bayu.

Ia mengatakan uji kelayakan akan dilakukan mengambil sampel dengan pengawasan di terminal dan garasi bus milik perusahaan bus.

Biasanya dilakukan dengan mengecek kelengkapan administrasi dan kelengkapan keselamatan kendaraan. Misalnya lampu, rem, alat pemecah kaca, dan beberapa lainnya.

Selain itu pihaknya akan menggandeng Badan Narkotika Nasional Propinsi DIY untuk menguji narkoba dan minuman keras yang kemungkinan dikonsumsi pengemudi bus.

"Kami akan melihat kelayakan kendaraan yang digunakan, sehingga meminimalkan kecelakaan," katanya.

Sementara itu, Kepala UPT Terminal Dhagsinarga Gunung Kidul Suprapto menambahkan untuk melaksanakan uji petik akan menggandeng berbagai pihak termasuk Dinas Kesehatan.

Hal ini penting dilakukan mengingat kesehatan pengemudi menjadi salah satu penentu keselamatan penumpang. "Kami akan menggandeng berbagai pihak termasuk BNNP dan Dinkes," katanya.

Selain itu, pihaknya mengimbau kepada perusahaan otobus untuk mempersiapkan armadanya sehingga tidak ada masalah saat mengangkut pemudik. Utamanya, piranti keselamatan termasuk ban jangan sampai menggunakan ban vulkanisir.
"Hal ini demi kenyamanan dan keselamatan penumpang, jangan sampai menggunakan ban vulkanisir," kata dia.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024